Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zumba Membantu Wanita ini Lebih Langsing 105 Kg!

Kompas.com - 16/05/2016, 16:07 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Lahir dan dibesarkan di Houston, AS, Cynthia Ortega biasa melihat cermin dan membenci dirinya sendiri. "Saya merasa ngeri dan sedih," katanya. "Saya malas pergi ke restoran dengan suami, karena tahu tidak bakal muat duduk di kursinya," ceritanya.

 

Kerap terlihat tersenyum, sejatinya Ortega orang yang tak bahagia. Ia seperti terjebak di tubuhnya, ingin menjadi orang lain. Suaminya yang sangat suportif merasa tak berdaya.

 

Memiliki tubuh besar di hampir sepanjang hayatnya, ia tak pernah berolahraga dan pernah mencoba berbagai diet. Suatu hari, sambil berdiri mengantri pizza, seorang gadis kecil menunjuk dirinya,"Lihat wanita gemuk itu!" Semua orang mendengarnya dan Ortega sangat malu.

 

Pada 2009 ia pernah dirawat di RS karena sakit flu babi. Saat itu ia bahkan tak bisa diperiksa dengan mesin MRI (Magnetic Resonance Imaging) karena tak muat. Ia koma dan harus belajar jalan dan makan lagi. Karena berat badannya yang obesitas itu ia menderita sleep apnea dan diabetes.

 

Di persimpangan hidupnya, akhirnya ia sadar untuk hidup sehat demi diri dan anak lelakinya yang meneladani dirinya serta butuh pengaruh positif.Pada 2013 ia mampir di gym dekat rumah dan mengintip kelas zumba. "Tampaknya menyenangkan sekali dan saya bisa melakukannya," katanya.

 

Ia lalu bergabung bersama seorang teman. Dalam satu bulan ikut dua kelas sepekan, ia berhasil turun 14 kg! Itulah awal dari transformasi hidupnya.

 

Saat ini ia berhasil menurunkan berat badan 105 kg. Ia ikut kelas zumba 12 kali seminggu dan memilih jenis makanannya. Ia bahkan memulai laman di Youtube yang menceritakan penurunan berat badannya untuk menginspirasi orang lain agar hidup sehat.

 

Di usia 29 tahun dan menikah selama delapan tahun, ia menginspirasi suami dan anggota keluarga untuk hidup sehat dan makan secukupnya.

 

"Sekarang ketika suami membawa saya ke restoran, saya tak perlu khawatir dengan kursi yang tak muat. Saya senang selfie dan ketika melihat di cermin saya merasa senang," tuturnya.

 

Baru-baru ini ia pergi ke dokter untuk periksa kesehatan dan selama empat hari semua masalah kesehatannya ditemukan hilang. Detak jantungnya termasuk detak jantung orang yang sangat fit.

 

Apa saran Ortega untuk mereka yang bermasalah dengan berat badan? "Temukan cara yang cocok dan Anda sukai. Anda harus gigih. Anda tak dapat mengharapkan hasil dalam sehari. Zumba Fitness ini tampak menantang bagi saya. Teman saya berpikir saya melakukannya dengan mudah tetapi saya ngos-ngosan, dan lelah. Tapi, ini olahraga yang saya senangi," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com