Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencegah Osteoporosis Pada Usia Muda

Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Anak muda pun dapat mengalami osteoporosis karena sebab tertentu.

Ketika banyak orang baru memperhatikan kesehatan tulang setelah tua, bisa jadi semua itu sudah terlambat.

Osteoporosis apalagi sangat mungkin dapat terjadi pada seseorang tanpa ada gejala yang terlihat nyata.

Pada anak muda, terjadinya gangguan hormon, haid yang tidak teratur, dan konsumsi obat-obatan mengandung steroid untuk pengobatan penyakit tertentu bisa menjadi penyebab osteoporosis.

Risiko osteoporosis di usia muda juga dapat menjadi lebih tinggi apabila sebelumnya telah memiliki masalah medis tertentu, seperti:

  • Lupus
  • Penyakit celiac
  • Penyakit ginjal atau penyakit hati
  • Kanker
  • Radang sendi

Jika mampu menjaga tulang kuat selagi muda, seseorang sangat mungkin bisa terbebas dari osteoporosis ketika sudah beranjak menjadi lansia.

Cara cegah osteoporosis sejak muda

Melansir Buku Agar Tulang Sehat (2013) oleh Pangkalan Ide, ada beberapa cara mencegah terjadinya osteoporosis yang bisa dilakukan sejak muda.

Berikut ini beberapa caranya:

  • Konsumsi makanan kaya akan kalsium
  • Konsumsi makanan kaya akan vitamin C
  • Konsumsi makanan kaya akan vitamin D karena dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh
  • Olahraga teratur, terutama memilih olahraga yang dapat memberi beban pada tulang seperti angkat beban
  • Hindari merokok dan alkohol

Makin cepat diketahui, kian baik

Sementara itu, sama seperti penyakit lainnya, kondisi tulang makin cepat diketahui, maka kian baik.

Dengan begitu, jika tulang telah menunjukkan kecenderungan keropos, seseorang dapat segera menentukan langkah solusi untuk memperbaiki atau mencegah kerusakan yang lebih buruk.

Apabila telah terserang osteoporosis, seseorang jelas akan merugi. Ada beberapa gejala atau kerugian yang bakal dialami seseorang dengan osteoporosis.

Berikut beberapa di antaranya:

  • Tubuh mungkin akan menjadi lebih pendek dari kondisi sebelumnya
  • Tubuh bungku karen lengkungan tulang yang bisa semakin besar
  • Celakanya, bila jatuh akan mudah sekali patah dengan akibat menjadi catat permanen

Beda pria dan wanita

Kerusakan tulang bisa terjadi sejak usia 30 tahun. Pada usia tersebut, pertumbuhan tulang baru lebih lambat daripada proses kerusakannya.

Pada pria, penurunan produksi hormn testosteron dapat membuat kecepatan kerusakan ulang tidak dapat diimbangi lagi oleh pertumbuhan tulang baru.

Namun karena tulang pria lebih padat dan penurunan produksi hormon testosterone tidak banyak, proses kerusakan tulangnya kemungkinan terjadi lebih lambat dibanding wanita.

Pada wanita, kerusakan tulang bisa terjadi lebih cepat karena pengaruh penurunan produksi estrogen yang terjadi selama kehailan atau gangguan haid, ditambah lagi kurang banyak bergerak.

Kerusakan tulang wanita menjadi lebih terasa menjelang menopause sekitar usia 45 tahun sampai 55 tahun.

Melansir Osteoporosis: Panduan Lengkap Agar Tulang Anda Tetap Sehat (2003) oleh Felicia Cosman, M.D., Direktur Klinis National Osteopororis Foundation Amerika Seikat, salah satu faktor terpenting dalam mencegah osteoporosis adalah menghilangkan atau mengurangi faktor-faktor risiko.

Beberapa faktor risiko tersebut, antar lain:

  • Merokok
  • Obat-obatan tertentu
  • Konsumsi alkohol
  • Kurang asupan vitamin B dan kalsium
  • Kurangnya kulit terpapar sinar matahari

Mengorbankan tulang

Pada orang dewasa, sampai awal usia 40 tahun, asupan kalsium yang cukup dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang, khususnya di bagian pinggul.

Sementara di kalangan wanita pramenopause, pascamenopause, dan tua, asupan kalsium yang cukukup dapat mengurangi laju pengeroposan tulang meskipun tidak benar-benar mencegah tulang keropos.

Kehilangan sebagian kalsium harian melalui sekresi (urine dan feses), keringat dan paru-paru saat bernapas adalah hal yang normal.

Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan mengonsumsi cukup kalsium setiap hari untuk mengembalikan kalsium yang telah hilang tersebut.

Jika kebutuhan kalsium tidak bisa dipenuhi, tubuh otomatis akan mengambil kalsium dari tulang yang berfungsi sebagai gudang penyimpanan utama kalsium.

Kondisi itulah yang kemudian membuat tulang menjadi lemah dan rentan patah demi mempertahankan fungsi tubuh lain yang lebih vital bagi kelangsunga hidup.

Mempertahankan kadar kalsium sangat penting agar jantung dan pembuluh nadi, urat saraf dan otot dapat bersungsi dengan normal.

https://health.kompas.com/read/2020/02/16/133200868/cara-mencegah-osteoporosis-pada-usia-muda

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke