Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Kondisi tersebut bisa terjadi saat asam lambung dari perut naik kembali ke kerongkongan karena masalah katup sfingter esofagus di saluran pencernaan.

Saat naiknya asam lambung terjadi lebih dari dua kali seminggu, seseorang diindikasikan menderita gastroesophageal reflux disease (GERD).

Melansir Web MD, penyebab asam lambung bisa dipengaruhi berbagai kondisi. Beberapa di antaranya yang cukup umum antara lain:

Asam lambung naik terkadang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini bisa dikendalikan, namun tak jarang perlu tindakan medis untuk mengatasinya.

Melansir Mayo Clinic, berikut beberapa cara mengatasi asam lambung naik:

Penyakit asam lambung naik dalam kasus yang ringan atau tahap awal biasanya bisa diatasi dengan obat asam lambung yang dijual di apotek, toko obat, dll.

Salah satu pertolongan pertama untuk mengatasi asam lambung naik adalah obat jenis antasida.

Tapi, obat jenis antasida tidak bisa menyembuhkan kerongkongan yang ikut meradang karena asam lambung dari perut naik ke atas.

Kendati dijual bebas, penggunaan antasida juga tak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping diare atau masalah ginjal.

Selain itu, ada juga obat untuk mengurangi produksi asam. Obat ini dikenal sebagai penghambat reseptor H-2.

Jika obat-obatan yang dijual bebas di pasaran tidak meredakan penyakit, Ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Dokter umumnya meresepkan obat untuk mengurangi produksi asam lambung, memperbaiki kondisi klep esofagus.

Namun, apabila intensitas kambuhnya penyakit cukup sering, dokter bisa merekomendasikan prosedur bedah atau tindakan medis lainnya. Di antaranya:

Sebelum menegakkan diagnosis seseorang mengalami masalah lambung atau GERD, dokter umumnya melakukan pemeriksaan fisik dan riwayat sakit pasien.

Dokter juga menjalankan pemeriksaan endoskopi, kadar keasaman, sampai foto sinar-x di perut bagian atas.

Setelah menentukan diagnosis, dokter baru merekomendasikan jenis perawatan paling tepat untuk mengatasi asam lambung naik pasiennya.

https://health.kompas.com/read/2020/06/30/180300768/3-cara-mengatasi-asam-lambung-naik

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke