Salin Artikel

Makan Malam Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Bahkan, ada beberapa orang yang tidak makan sama sekali setelah pukul empat sore demi menjaga berat badan agar tetap ideal.

Lantas, benarkah pendapat yang menyebut makan malam bikin gemuk?

Makan malam bikin gemuk, mitos atau fakta?

Melansir WebMD, otoritas kesehatan AS menyebut kenaikan berat badan tidak ditentukan oleh jam makan semata.

Berat badan sangat dipengaruhi kualitas dan kuantitas asupan yang dikonsumsi, serta aktivitas fisik yang dikerjakan sepanjang hari.

Memang benar, peneliti asal Northwestern University AS pernah menemukan bukti makan malam bikin gemuk karena memicu kenaikan berat badan.

Namun, penelitian tersebut baru sebatas uji pada hewan, bukan pada manusia. Diperlukan studi lanjutan untuk membuktikan validitas penelitian yang diterbitkan di jurnal Obesity itu. 

Ahli menyebut, tidak makan malam justru membuat seseorang lemas, kehilangan nutrisi penting, serta rentan memicu ngemil dan makan makanan tak sehat di lain waktu.

Kendati masih memerlukan studi lanjutan, hasil penelitian tersebut bisa jadi pengingat agar setiap orang lebih bijak mempertimbangkan asupan saat makan, termasuk makan malam.

Pasalnya, selama ini banyak orang makan tanpa mempertimbangkan pemenuhan gizi atau nutrisinya.

Pola makan asal kenyang, tinggi kalori, dan terlalu dekat dengan jadwal tidur bisa meningkatkan berat badan.

Tak hanya bikin gemuk, pola makan tak sehat tersebut juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan serta pemicu susah tidur.

Cara menurunkan berat badan paling efektif adalah mengurangi kalori yang masuk ke tubuh, serta membakar lebih banyak kalori lewat olahraga.

Bagi Anda yang sedang berupaya menjalankan diet sehat, berikut beberapa tips makan malam sehat agar berat badan tetap terjaga:

  1. Makan malam dengan jadwal teratur, upayakan makan malam lebih awal misalkan pukul enam sore dan hindari makan di atas jam 10 malam
  2. Saat makan, upayakan fokus pada makanan. Hindari gangguan dan luangkan waktu untuk menikmati setiap sendok makanan yang masuk ke mulut
  3. Minum air putih sebelum, selama, dan sesudah makan malam untuk mencegah makan berlebihan
  4. Kunyah makanan yang masuk ke mulut secara perlahan-lahan dan sadari isyarat apabila tubuh sudah merasa kenyang
  5. Pastikan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi lengkap. Pilih asupan tanpa lemak jahat, lengkapi dengan sayur dan buah, dan makan masakan yang tidak digoreng atau dibakar
  6. Upayakan untuk olahraga ringan setelah makan malam. Pastikan jadwal olahraga sebelum tidur memiliki jeda dengan waktu istirahat setidaknya 30 menit atau satu jam

Sebelum menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Diet sembarangan justru bisa merusak kesehatan.

https://health.kompas.com/read/2020/11/24/191500868/makan-malam-bikin-gemuk-mitos-atau-fakta-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.