Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setelah Keguguran, Kapan Bisa Hamil Lagi?

Pertanyaan tersebut umumnya wajar. Sejumlah pasangan jamak merasakan momentum kelabu setelah kehilangan calon buah hatinya.

Dalam kondisi berduka itu, pasangan bisa merasa kehilangan, tapi di sisi lain juga menaruh harapan untuk kembali menimang momongan.

Simak penjelasan dari ahli terkait kapan waktu yang tepat untuk hamil lagi setelah keguguran berikut.

Setelah keguguran, kapan bisa hamil lagi?

Melansir Verywell Family, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan masa tunggu selama enam bulan bagi wanita untuk hamil lagi setelah keguguran.

Namun, sejumlah dokter menyarankan pasien sebenarnya siap hamil hamil lagi setelah tiga bulan mengalami keguguran.

Hasil meta-analisis dari 16 studi juga menyebutkan, hamil kurang dari enam bulan setelah keguguran tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan, asalkan fisik dan mental calon ibu sudah benar-benar siap.

“Minimal butuh waktu tiga bulan sampai ibu siap hamil lagi setelah keguguran,” jelas dr. Bima Suryantara, Sp.OG (K) dari RS Jogja International Hospital (JIH) Solo, ketika berbincang dengan Kompas.com, Jumat (14/2/2020).

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan ini menjelaskan, dalam rentang waktu tiga bulan, kondisi rahim diharapkan sudah pulih sempurna.

Pasalnya, setelah keguguran, ibu hamil membutuhkan kuret atau kuretase untuk membersihkan dinding rahim. Prosedur medis ini membutuhkan waktu pemulihan.

"Sebelum tiga bulan, penyembuhan rahim belum sempurna. Maka, ketika ada embrio baru melekat, ada risiko terjadi perdarahan. Memang bukan pasti keguguran kembali, hanya saja risikonya meningkat," papar Bima.

Kendati ada waktu minimal dan ideal bagi ibu bisa hamil lagi setelah keguguran, Bima tetap mewanti-wanti agar pasangan mempertimbangkan kondisi kesehatan mental ibu hamil.

"Kalau ibu sampai jatuh dalam kondisi depresi, perlu adanya pendampingan psikolog serta dukungan keluarga. Tentunya, kehamilan perlu menunggu kondisi mental ibu kembali siap," kata dia.

Pertimbangan lain menunda hamil setelah keguguran

Tidak semua wanita boleh segera hamil setelah keguguran. Selain karena masalah emosional, ada beberapa kondisi kesehatan yang mengharuskan wanita untuk menunda hamil lebih lama setelah keguguran.

Ibu dengan riwayat hamil anggur atau kehamilan mola disarankan untuk menunggu minimal satu tahun untuk bisa hamil lagi setelah keguguran.

Hamil anggur adalah penyakit yang menyebabkan tumor tumbuh di dalam rahim. Akibatnya, embio tidak mampu menopang kesehatan janin dan memicu keguguran.

Rekomendasi tersebut diberikan untuk mencegah hamil anggur berulang. Selama waktu itu, kadar hormon pertumbuhan atau HCG akan dipantau setiap bulan untuk memastikan kondisi ibu benar-benar terkontrol dan ibu siap hamil lagi.

Di luar kondisi tersebut, pasangan yang ingin mengetahui dengan pasti waktu yang tepat setelah keguguran kapan bisa hamil lagi dapat berkonsultasi ke dokter.

Pasalnya, setiap situasi pasangan berbeda-beda. Jadi, penting untuk mengomunikasikan rencana program hamil setelah keguguran yang disesuaikan dengan penyebab keguguran.

https://health.kompas.com/read/2021/05/25/200200068/setelah-keguguran-kapan-bisa-hamil-lagi-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke