Salin Artikel

4 Makanan untuk Cegah Kanker Payudara

KOMPAS.com - Kanker payudara adalah penyakit di mana sel-sel di payudara tumbuh di luar kendali.

Kerusakan DNA dan mutasi genetik dapat menyebabkan penyakit ini. Mewarisi gen tertentu, seperti BRCA1 dan BRCA2, juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara,

Selain itu, pola makan juga bisa memengaruhi risiko Anda mengalami kanker payudara.

Makanan pencegah kanker payudara

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu Anda mengurangi risiko kanker Payudara. Berikut jenis makanan tersebut:

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, kadar darah yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.

Penelitian juga membauktikan bahwa wanita yang sering mengonsumsi makanan tinggi karotenoid memiliki risiko kanker payudara yang rendah.

Sebuah studi lanjutan pada lebih dari 32.000 wanita juga menemukan kadar total karotenoid dalam darah yang lebih tinggi mampu menurunkan risiko kanker payudaran sebesar 18 hingga 28 persen.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa asupan folat yang tinggi, vitamin B yang terkonsentrasi dalam sayuran berdaun hijau, dapat melindungi diri dari kanker payudara.

2. Buah jeruk

Buah jeruk penuh dengan senyawa yang dapat melindungi dari kanker payudara, termasuk folat, vitamin C, dan karotenoid seperti beta cryptoxanthin dan beta karoten.

Selain itu, jeruk juga mengandung antioksidan flavonoid seperti quercetin, hesperetin, dan naringenin.

Nutrisi ini memberikan efek antioksidan, antikanker, dan anti-inflamasi.

Faktanya, penelitian mengaitkan buah jeruk dengan penurunan risiko banyak kanker, termasuk kanker payudara.

Sebuah tinjauan dari 6 penelitian di lebih dari 8.000 orang mengaitkan asupan jeruk yang tinggi dengan pengurangan 10 persen risiko kanker payudara.

3. Buah beri

Mengonsumsi buah beri secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, termasuk kanker payudara.

Antioksidan buah beri, termasuk flavonoid dan anthocyanin, telah terbukti melindungi dari kerusakan sel, serta perkembangan dan penyebaran sel kanker,

Riset yang meneliti 75.929 wanita membuktikan bahwa asupan berry yang lebih tinggi – dan khususnya blueberry – bisa menurunkan risiko kanker payudara negatif reseptor estrogen.

4. Kacang

Kacang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Secara khusus, kandungan seratnya yang tinggi dapat melindungi dari kanker payudara.

Sebuah penelitian pada 2.571 wanita menemukan bahwa asupan kacang yang tinggi mengurangi risiko kanker payudara hingga 20 persen.

Selain itu, dalam sebuah penelitian pada 1.260 wanita Nigeria, mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan tertinggi memiliki penurunan risiko kanker payudara hingga 28 persen, dibandingkan dengan mereka yang asupan kacangnya paling rendah.

https://health.kompas.com/read/2022/06/04/080000768/4-makanan-untuk-cegah-kanker-payudara

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.