Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Penyebab Penis Berjerawat

KOMPAS.com - Jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana pun yang berpori-pori, termasuk pada alat kelamin pria atau penis.

Jerawat terjadi ketika pori-pori tersumbat. Kondisi yang terlihat tergantung pada penyebab penyumbatan.

Sebagai contoh, minyak dan sel kulit mati menyebabkan komedo hitam atau putih. Kemudian, sel kulit mati, bakteri dan minyak bisa sebabkan jerawat nodul yang berada di bawah permukaan kulit.

Selain itu, jerawat juga dapat mengandung nanah, terasa lembut saat disentuh, serta terasa seperi benjolan yang mengeras atau biasa disebut jerawat batu.

Penyebab jerawat di penis

Jerawat pada penis biasanya tampak seperti benjolan kecil bundar dengan bagian dasar berwarna merah dan bernanah. Jerawat pada penis juga bisa menyebabkan seseorang merasa nyeri dan kesakitan.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dipaparkan macam-macam penyebab jerawat di penis yang harus diketahui para pria. 

1. Jarang mandi

Ketika seseorang malas atau jarang mandi, maka tubuhnya tidak bisa bersih secara menyeluruh, terutama di area genital.

Pada pria, jarang mandi bisa menyebabkan penis kotor karena tumpukan bakteri atau jamur.

Kondisi ini jika dibiarkan dapat menyebabkan penis meradang atau dalam behasa medis disebut folikulitis.

2. Hidup di iklim lembap

Tinggal di lokasi dengan iklim lembap bisa membuat penis dapat berjamur. Alhasi, para pria merasa gatal, dan muncul benjolan jerawat di kelaminnya.

3. Memiliki kulit berminyak

Kulit berminyak juga membuat penis lembap. Kondisi semakin parah jika seorang pria jarang ganti celana sehingga muncul permasalahan kulit, salah satunya jerawat.

4. Mencukur rambut kemaluan atau razorn burns

Penis dapat terluka akibat pisau cukur dan akhirnya muncul benjolan yang bisa saja merupakan jerawat.

Penggunaan pisau cukur yang tumpul juga dapat memicu jerawat di penis, terutama di area-area yang ditumbuhi rambut kemaluan. Gangguan kesehatan ini disebut razor burns yang dapat pulih tanpa pengobatan.

5. Memakai celana dalam terlalu ketat

Celana ketat bisa menyebabkan penis mudah alami gesekan. Kondisi ini jika dibiarkan lama-lama membuat penis iritasi atau berjerawat.

6. Sifilis

Sifilis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini biasanya menyebar melalui kontak seksual dan dimulai dengan luka tanpa rasa sakit.

Sifilis terjadi dalam beberapa bertahap, dan gejalanya bervariasi pada setiap tahap. Tahap pertama melibatkan luka tanpa rasa sakit pada alat kelamin (bisa berbentuk benjolan seperti jerawat), dubur, atau mulut.

Setelah sakit awal sembuh, tahap kedua ditandai dengan ruam. Kemudian, tidak ada gejala sampai tahap akhir yang mungkin terjadi beberapa tahun kemudian. Tahap akhir ini dapat mengakibatkan kerusakan otak, saraf, mata, atau jantung.

7. Moluskum kontagiosum

Infeksi kulit karena virus yang menimbulkan benjolan bulat dan keras seperti jerawat disebut dengan moluskum kontagiosum.

Infeksi menular seksual ini menyebar melalui kontak dengan orang yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi.

Benjolan akibat moluskum kontagiosum umumnya tidak nyeri, namun bisa menimbulkan rasa gatal sehingga Anda ingin menggaruk. Padahal, benjolan yang digaruk dapat menyebarkan infeksi ke kulit di sekitarnya

8. Herpes genital

Penyebab menular seksual lainnya yang bisa membuat penis berjerawat adalah herpes genital.

Selain timbul jerawat di batang penis, gejala lainnya dari penyakit kelamin ini adalah luka seperti lepuhan yang gatal dan bisa menyebar ke anus.

Kapan harus ke dokter?

Apabila Anda menemui jerawat di penis, usahakan untuk tidak menyentuh atau memencet benjolan tersebut.

Sentuhan fisik akan membuat jerawat di area genital semakin memburuk. Lalu, jika Anda memencet jerawat, bakteri akan menyebar di area penis lainnya.

Sementara itu, untuk mengobati jerawat di penis, para pria tidak boleh asal mengoles atau membubuhkan obat-obatan jerawat pada umumnya.

Pasalnya, kulit kelamin lebih sensitif ketimbang wajah, sehingga lebih mudah mengalami iritasi.

Kemudian, bila jerawat di penis tak kunjung kempis dalam 1 minggu, segera kunjungi dokter untuk mendapat perawatan terbaik.

https://health.kompas.com/read/2022/08/11/220000768/8-penyebab-penis-berjerawat

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke