Bakteri Juga Perlu Diberi Makan

Kompas.com - 25/11/2009, 10:14 WIB
Editoracandra

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah paham manfaat probiotik atau bakteri baik untuk kesehatan usus. Namun, tak banyak yang mengerti bahwa bakteri baik ini juga perlu nutrisi, yakni prebiotik.

Secara alamiah, usus kita dihuni oleh bakteri baik, misalnya Lactobacillus acidophilus dan L.bulgaricus, dan bakteri jahat, seperti bakteri patogen, virus, dan jamur. Bakteri-bakteri itu hidup dalam keseimbangan. Jika keseimbangan terganggu, misalnya akibat penggunaan antibiotik atau stres, sehingga bakteri jahat meningkat,  maka kesehatan orang yang bersangkutan akan terganggu.

Seperti halnya organisme hidup lainnya, probiotik membutuhkan makanan. Prebiotik merupakan makanan yang sesuai bagi bakteri baik, tapi tidak cocok untuk bakteri jahat, sehingga bisa meningkatkan bakteri baik dalam usus. Kombinasi probiotik dan prebiotik untuk meningkatkan kesehatan tubuh disebut sinbiotik.

"Tanpa prebiotik, probiotik tidak akan bertahan lama atau melakukan fungsinya dengan baik," kata Gary Huffnagle, Ph.D, profesor penyakit dalam dan mikrobiologi dari Universitas Michigan. "Prebiotik akan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan probiotik untuk tetap hidup dan menggandakan diri," kata penulis buku The Probiotics Revolution, ini.

Untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, konsumsilah serat yang mudah larut, seperti inulin dan fructo-oligosaccaharides (FOS). Makanan yang kaya inulin dan FOS antara lain asparagus, bawang putih, pisang, apel, serta gandum. Prebiotik secara alami juga terdapat pada biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan tauco,  kaya akan prebiotik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.