Bau Badan Bisa karena Keturunan

Kompas.com - 07/09/2011, 11:31 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Makanan atau kebersihan badan yang buruk memang bisa memunculkan bau badan. Tetapi jika masalah bau badan Anda tidak terjelaskan pemicunya, barangkali Anda perlu melihat silsilah keluarga. Karena menurut studi bau badan juga bisa terjadi karena mutasi gen yang diwariskan dari generasi sebelumnya.

Penelitian menunjukkan seseorang yang menderita bau badan berat positif trimethylaminuria, gangguan genetik yang menyebabkan tubuh mengeluarkan aroma tidak sedap.

Trimethylaminuria (TMAU) adalah kondisi dimana tubuh tidak bisa memetabolisme senyawa kimia trimethylamine akibat mutasi gen FMO3. Tubuh memproduksi senyawa kimia tersebut jika kita terlalu banyak mengasup makanan dengan unsur-unsur pokok kolin, seperti telur, terigu, ikan air asin, dan kacang-kacangan. Akibatnya tubuh akan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Kesimpulan tersebut dihasilkan setelah peneliti menguji gen 353 orang yang berobat ke Monell Chemical Senses Center di Philadelphia. Mereka mencari pertolongan karena menderita bau badan berat yang tidak terjelaskan atau bukan disebabkan karena faktor kebersihan.

Para peneliti melakukan tes kolin pada mereka dan menemukan 118 diantaranya atau sepertiga pasien positif TMAU. Trimethylaminuria sendiri diklasifikasikan sebagai kasus yang jarang, atau dengan kata lain hanya diderita kurang dari 200.000 orang di Amerika Serikat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.