Kompas.com - 24/10/2012, 10:32 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Penelitian baru tentang pengecilan otak pada usia lanjut menunjukkan bahwa olahraga mungkin lebih bermanfaat dibandingkan kegiatan yang merangsang secara mental dan sosial.

Tim peneliti Universitas Edinburgh, Skotlandia, Inggris, menyampaikan kesimpulan itu setelah melakukan penelitian terhadap 638 orang yang berusia 70-an tahun.

Mereka memindai otak peserta penelitian dengan menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk mengetahui perubahan struktural pada otak.

Hasil pemindaian menunjukkan bahwa mereka yang aktif secara fisik mengalami pengecilan otak lebih sedikit.

Selain menjaga bagian korteks otak besar, bagian dari pusat pikir, olahraga juga bisa membantu mengurangi kerusakan pada ganglia dasar.

Para ilmuwan mengatakan, olahraga yang diperlukan tidak harus kegiatan yang berat, tetapi cukup berjalan kaki beberapa kali seminggu.

Menurut ilmuwan, dengan berolahraga, aliran darah ke otak meningkat sehingga pasok oksigen dan nutrisi tercukupi.

Sebagai perbandingan, tim ilmuwan meneliti mereka yang melakukan latihan mental seperti mengerjakan teka-teki dan bermain catur. Hasil aktivitas tersebut minim.

Hasil penelitian ilmuwan Universitas Edinburgh diterbitkan di jurnal Neurology.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.