Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2013, 13:26 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com – Jika selama ini osteoartritis atau peradangan sendi pada lutut dianggap dapat diobati dengan konsumsi suplemen vitamin D, ternyata sebuah studi di Amerika Serikat tidak menyatakan demikian. Pemberian vitamin D tak memberikan dampak yang lebih baik pada osteoartritis dibandingkan obat kosong atau plasebo.

Walau demikian, beberapa penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa vitamin D sangat membantu bagi penyembuhan pasien artritis.

“Vitamin D menjadi topik hangat dalam dunia pengobatan. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Namun ada bukti yang bertentangan dengan manfaat suplemen vitamin D dalam mengurangi tanda-tanda dan gejala arthritis," ” kata Dr. Diane Horowitz, rematolog dari North Shore-LIJ Health System di Great Neck, New York.

Dalam sebuah studi terbaru, yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association,  peneliti melibatkan hampir sebanyak 150 pasien dengan usia rata-rata 62 tahun yang menderita arthritis lutut.  Pasien  dibagi dalam dua kelompok yaitu mereka yang mengonsumsi plasebo  dan suplemen vitamin D disebut cholecalciferol.

Ternyata, pada kelompok yang mengonsumsi vitamin tidak ditemukan  perbedaan signifikan terkait kondisi penyakit radang sendi lutut atau pengeroposan tulang. Demikian menurut para peneliti yang diketuai oleh  Timothy McAlindon, dari Pusat Kesehatan Tufts di Boston.

Osteoarthritis pada sendi lutut adalah penyakit yang biasanya diderita oleh orang berusia lanjut. Mereka yang menderita penyakit ini biasanya terganggu mobilitasnya sehingga mereka menjalani pensiun dini dan pengobatan dengan pembedahan.

Horowitz mengatakan, meskipun penelitian menunjukkan tak ada pengaruh signifikan vitamin D terhadap osteoartritis lutut, namun orang harus tetap mengonsumsi cukup vitamin demi menjaga kesehatan. “Mereka yang kekurangan vitamin D harus mengikuti saran dokter untuk memenuhi kebutuhan vitamin D," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+