Kompas.com - 01/02/2013, 11:42 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Operasi plastik semakin populer. Pada tahun 2011 saja tercacat 15 juta orang di seluruh dunia melakukan operasi ini. Negara Korea Selatan berada di urutan pertama sebagai negara yang penduduknya paling hobi melakukan permak tubuh.

Pada tahun 2012, 20 persen wanita berusia 19-49 tahun di kota Seoul, ibu kota Korea Selatan, melakukan operasi plastik. Jenis operasi yang paling digemari adalah mengurangi kelebihan kulit di kelopak mata atas (double eyelid surgery) sehingga mata tampak lebih lebar.

Demikian menurut data dari International Society of Aesthetic Plastic Surgeons (ISAPS) yang memiliki anggota lebih dari 20.000 dokter bedah plastik di seluruh dunia.

Diperkirakan 1 dari 77 wanita di Korea Selatan melakukan bedah plastik. Bahkan Kim Yu-Mi, Miss Korea 2012 mengakui ia melakukan bedah plastik untuk menyempurnakan penampilannya untuk mengikuti kontes kecantikan tersebut.

Ia mengakui operasi tersebut setelah fotonya di bangku sekolah yang tampak sangat berbeda dengan penampilannya sekarang tersebar. "Saya tidak pernah mengatakan kalau saya terlahir cantik," katanya kepada media Korea.

Meski secara umum orang Korea paling sering melakukan operasi plastik, tetapi untuk jumlah total prosedur pengencangan kulit, sedot lemak, dan sebagainya, Amerika berada di urutan teratas.

Beda negara ternyata berbeda pula pilihan operasinya. Bagi orang Brasil yang kaya pantai, jenis operasi yang paling populer adalah operasi pengurangan payudara pria, implan bokong, dan peremajaan vagina.

Operasi perbaikan hidung (rhinoplasty), baik memancungkan atau merampingkan hidung, lebih populer di Asia, seperti China, Jepang, dan Korea Selatan.

Sementara negara yang paling banyak operasi pembesaran payudara adalah Amerika Serikat, Brasil, Meksiko, Italia, dan China. Amerika dan Brasil juga berada di urutan pertama untuk pengencangan kulit mata dan perampingan perut.

Lipoplasty atau prosedur penghancuran lemak di bawah kulit menggunakan gelombang suara adalah jenis operasi noninvasif yang paling populer di dunia. Lebih dari 1,2 juta produser dilakukan di seluruh dunia.

Di urutan kedua adalah pembesaran payudara (1,2 juta), operasi pengencangan kulit di sekitar mata (703.610) dan pengencangan perut atau tummy tuck di urutan keempat. Di urutan kelima adalah operasi hidung.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.