Kompas.com - 21/03/2013, 11:12 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Epilepsi berpotensi menyerang siapa saja. Mereka yang berusia muda, tidak memiliki riwayat keluarga epilepsi dan bahkan menjalani gaya hidup sehat pun memiliki risiko. Maka tak ayal, Anda mungkin pernah menemui rekan ataupun kolega yang menyandang epilepsi.

Gejala epilepsi merupakan manifestasi klinis dari muatan listrik berlebihan di otak atau yang disebut juga dengan bangkitan. Bangkitan dapat terjadi parsial yaitu di suatu bagian otak, namun dapat juga terjadi secara umum yaitu di seluruh bagian otak.

Dokter spesialis saraf dari Departemen Neurologi Rumah Sakit Umum Hasan Sadikin Bandung Suryani Gunadharma mengatakan, gejala epilepsi parah seperti kejang dan tidak sadarkan diri biasanya baru ada ketika bangkitan terjadi di seluruh bagian otak.

"Jika bangkitan terjadi parsial maka biasanya gejalanya bermacam-macam, mulai dari mati rasa, gangguan penglihatan, bergerak secara tidak sadar, tergantung dari bagian otak yang terkena," ujarnya.

Lalu apa yang harus dilakukan apabila menghadapi penyandang epilepsi saat terjadi bangkitan? Dokter spesialis kesehatan jiwa dari Departemen Psikiatri FKUI Rumah Sakit CiptoMangunkusumo Suryo Dharmono membagikan tahapan-tahapan yang harus dilakukan saat menghadapi keadaan tersebut :

1. Berteriak memanggil orang

Semakin banyak orang yang membantu akan memudahkan upaya pertolongan, namun peran orang yang melakukan pertolongan harus dibagi. "Sebagian bisa menemani penyandang, sebagian bisa menghubungi tenaga medis," ujar Suryo.

2. Pinggirkan ke tempat aman.

Bangkitan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tidak menutup kemungkinan terjadi di tempat yang berbahaya seperti di jalan, di tangga, dan tempat-tempat lainnya.

3. Miringkan ke kanan dan jangan diberi makanan/minuman apapun.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.