Kompas.com - 25/04/2013, 07:42 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Saya pernah membaca bahwa menyikat gigi selelah makan itu kurang baik, terutama bila makanan yang baru saja dimakan adalah jenis makanan yang manis. Menurut yang saya baca, setelah makan makanan yang manis, sisa makanan tersebut akan melunakkan jaringan pelindung gigi. Nah, jika kita menyikat gigi setelahnya, maka itu malah akan merusak jaringan tersebut. Apakah hal ini benar atau tidak ? Kemudian apa yang baik untuk dilakukan setelah sikat gigi. Pengalaman saya, apabila habis sikat gigi dan tidak ada makanan lagi dimakan setelahnya, maka akan menyebabkan bau mulut. Lalu untuk mengatasi hal tersebut, maka saya makan cemilan sedikit untuk mencegah bau mulut tersebut. Benar atau salah tindakan saya? Apabila salah tolong bagaimana yang benar. terima kasih.

(Dedy, 24, Bandung)


JAWAB :

Hai Dedy,

Apa yang anda pernah baca memang benar. Bahwa, menyikat gigi segera setelah makan memang kurang tepat, dan sebaiknya ditunggu dahulu beberapa saat. Hal ini sebelumnya juga pernah saya bahas di jawaban konsultasi gigi dan mulut tanggal 15 Oktober 2012.

Menurut penelitian yang tercantum pada jurnal internasional kedokteran gigi pada bulan Agustus 2012, disebutkan bahwa menyikat gigi langsung setelah minum minuman asam seperti soda dapat menyebabkan kehilangan lapisan dentin secara ireversibel, dibandingkan dengan menunggu dulu selama 1 jam sampai 2 jam. Penelitian ini dilakukan melalui scanning electron microscopy dan atomic force microscopy. Kesimpulan penelitian tersebut yaitu menyikat gigi sebaiknya dilakukan setidaknya menunggu 1 jam setelah mengkonsumsi makanan dan minuman yang asam untuk mencapai pembersihan yang maksimal dan mencegah terjadinya lesi pada dentin gigi.

Penelitian lain pada tahun 2003, juga menyebutkan waktu yang seharusnya dilakukan untuk menyikat gigi adalah 30 menit sampai 1 jam setelah makan. Penelitian ini menyebutkan bahwa menyikat gigi langsung setelah minum minuman berkarbonasi dapat menyebabkan kehilangan lapisan email gigi, dibandingkan dengan menunggu selama 30 menit sampai 60 menit.

Oleh karena itu, sebaiknya waktu menyikat gigi setelah makan dan minum terutama yang mengandung asam, adalah menunggu 1 jam sampai 2 jam kemudian. Hal ini akan memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada email dan dentin gigi untuk melakukan pertahanan secara otomatis terhadap asam oleh air liur dalam mulut. Serta dapat mencegah terjadinya lesi pada email dan dentin gigi.

Kemudian, untuk pertanyaan selanjutnya, hal apa yang harus dilakukan setelah menyikat gigi supaya tidak muncul bau mulut kembali?
Salah satu penyebab timbulnya bau mulut adalah adanya interaksi antara sisa makanan yang masih menempel di permukaan gigi dengan bakteri di dalam mulut. Mungkin saja metode penyikatan gigi yang anda lakukan saat ini belum optimal, sehingga masih terdapat sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.