Kompas.com - 27/04/2013, 10:58 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Vitamin C lebih sering kita perbincangkan jika menyangkut topik pencegahan penyakit. Padahal, manfaat vitamin ini juga sangat besar bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Selama berabad-abad, kaum wanita selalu menemukan cara untuk menikmati khasiat vitamin C bagi kulit. Di Tibet, pada masa pemerintahan Dinasti Tang, wanita yang ingin mencegah tanda-tanda penuaan kulit mengoleskan biji tanaman sea buckthorn di wajah dan tangan.

Tanaman sejenis beri berwarna oranye keemasan tersebut ternyata merupakan sumber vitamin C. Tanaman lain yang juga dipakai dalam kecantikan kulit di zaman kuno adalah biji bunga mawar yang konon mengandung vitamin C 20 kali lebih tinggi dibanding buah jeruk.

Tidak mengherankan jika seabad lalu, penduduk asli Amerika membuat pasta atau adonan yang terbuat dari kelopak mawar untuk melembabkan dan penyembuhan luka di kulit.

Manfaat terbesar vitamin C pada kesehatan kulit adalah kemampuannya membantu pembentukan kolagen. Vitamin C mengandung asam askorbat yang merupakan kunci utama untuk memproduksi kolagen sebagai protein untuk membuat kulit tetap sehat dan tak gampang kendur.  Kolagen bersama dengan elastin akan menjaga kulit tetap sehat. Kolagen menghasilkan kekenyalan dan kekuatan kulit, sementara elastin menghasilkan kelenturan.

Selain itu vitamin C juga menjadi sumber antioksidan yang menetralkan radikal bebas di kulit. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kandungan asam askorbat 2-fosfat yang dibawa vitamin C tidak hanya menetralisasi radikal bebas, tapi juga memerbaiki kerusakan DNA. Di samping itu, vitamin C juga dapat membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri dari dalam ketika terjadi luka.

Saat tubuh kekurangan vitamin C kulit pun tampak lebih kering dan kasar.

Menurut dr.Hanny Nilasari, Sp.KK, vitamin C juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. "Prinsip kerjanya adalah menyebarkan pigmen-pigmen menjadi lebih merata sehingga kulit tampak lebih cerah," katanya.

Pada mereka yang sering terpapar sinar matahari kulit menjadi tampak lebih cokelat karena adanya pembentukan pigmen. Itu sebabnya perawatan untuk kulit yang sering terpapar sinar matahari dan polusi harus lebih intens dari biasanya.

Mengingat manfaat vitamin C yang begitu besar bagi kecantikan kulit, produsen kosmetik pun berlomba-lomba mmebuat produk berbahan vitamin C. Mereka yang ingin hasil instan bisa memilih cara oral atau pun suntik vitamin C.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.