Kompas.com - 23/07/2013, 07:07 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Prof Yth, mengapa ketika saya kencing terkadang tersendat.  Ketika dipaksakan keluar dengan cara ditunggu hingga keluar, malah cairan seperti sperma yang menggumpal seperti agar-agar. Hal ini terakhir saya alami 1 bulan terakhir ini. Dan sebelumnya saya pernah mengalami hal itu ketika SMA kelas 3 (sekitar 7 tahun yang lalu). Adakah indikasi saya terkena penyakit kelamin? Karena memang 3 tahun belakangan ini saya sering gonta-ganti pasangan. Namun bagaimana dengan kasus saya ketika SMA? kasusnya sama namun saya belum pernah berhubungan sama sekali saat itu. Trims sebelumnya Prof.

(Putra, 25, Bandung)

 

JAWAB :

Untuk memastikan apa yang Anda alami, tentu diperlukan pemeriksaan. Cairan yang menggumpal itu, mungkin saja cairan kelenjar yang keluar ketika pria mengalami rangsangan seksual. Pada puncak reaksi seksual, barulah cairan sperma yang keluar.

Tetapi cairan kelenjar yang keluar sebelum ejakulasi itu, kadang-kadang menyerupai cairan sperma juga. Tetapi kemungkinan lain keluarnya cairan itu adalah cairan nanah yang terjadi karena infeksi menular seksual.

Tetapi infeksi ini biasanya disertai rasa sakit, mungkin juga rasa gatal kalau infeksinya karena mikroorganisme campuran. Kemungkinan ini jangan dilupakan mengingat Anda melakukan hubungan seksual dengan lebih dari sau orang. Saya sarankan Anda mendapat pemeriksaan agar dapa dipastikan apa yang sebenarnya Anda alami. Dengan demikian maka pengobatan yang tepat dapat diberikan.    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.