Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2013, 07:07 WIB


TANYA :

Prof Yth, mengapa ketika saya kencing terkadang tersendat.  Ketika dipaksakan keluar dengan cara ditunggu hingga keluar, malah cairan seperti sperma yang menggumpal seperti agar-agar. Hal ini terakhir saya alami 1 bulan terakhir ini. Dan sebelumnya saya pernah mengalami hal itu ketika SMA kelas 3 (sekitar 7 tahun yang lalu). Adakah indikasi saya terkena penyakit kelamin? Karena memang 3 tahun belakangan ini saya sering gonta-ganti pasangan. Namun bagaimana dengan kasus saya ketika SMA? kasusnya sama namun saya belum pernah berhubungan sama sekali saat itu. Trims sebelumnya Prof.

(Putra, 25, Bandung)

 

JAWAB :

Untuk memastikan apa yang Anda alami, tentu diperlukan pemeriksaan. Cairan yang menggumpal itu, mungkin saja cairan kelenjar yang keluar ketika pria mengalami rangsangan seksual. Pada puncak reaksi seksual, barulah cairan sperma yang keluar.

Tetapi cairan kelenjar yang keluar sebelum ejakulasi itu, kadang-kadang menyerupai cairan sperma juga. Tetapi kemungkinan lain keluarnya cairan itu adalah cairan nanah yang terjadi karena infeksi menular seksual.

Tetapi infeksi ini biasanya disertai rasa sakit, mungkin juga rasa gatal kalau infeksinya karena mikroorganisme campuran. Kemungkinan ini jangan dilupakan mengingat Anda melakukan hubungan seksual dengan lebih dari sau orang. Saya sarankan Anda mendapat pemeriksaan agar dapa dipastikan apa yang sebenarnya Anda alami. Dengan demikian maka pengobatan yang tepat dapat diberikan.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com