Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2013, 13:05 WIB


TANYA :

Dok saya gadis berusia 26 tahun.  Saya belum tahu persis penyakit apa yang saya alami.  Tetapi gejala yang saya rasakan ingin selalu berkemih tapi sedikit-sedikit. Dalam sehari tak terhitung berapakali berkemih. Saya sudah ke dokter kandungan dan dokter umum,, dokter kandungan tdk menemukan masalah di kandung kemih saya, dokter umum mengatakan kalau saya menderita infeksi rongga panggul. Tapi setelah diberi obat sama sekali tidak ada perubahan.  Saya juga udah memeriksakan ginjal ke laboratorium pnamun hasilnya ginjal saya baik-baik saja. Masalahnya, semakin hari saya semakin parah bahkan saat ini disertai rasa mual dan air kencing menetes sendiri seperti darah pada saat menstruasi.  Sering juga disertai rasa nyeri di bagian selangkang paha sebelah kanan, bahkan rasa panas di punggung saya  seperti rasa terbakar. Mohon solusinya dok...

(Purnama Sari, 258 cm, 45 kg, 26 tahun, Kendari)

 

JAWAB :


Sdr Purnama Sari di Kendari

Untuk menjawab pertanyaan Saudari yang lebih baik, saya sebetulnya ingin tahu "apakah ada rasa nyeri  yang Anda alami waktu buang air kecil itu, apakah anda pernah mengalami infeksi saluran kemih sebelumnya? Apakah buang air Anda juga disertai cairan lain yang tidak normal,  apakah menjalar ke pinggang, sudah berapa lama, dan sebagainya"

Dengan informasi terbatas yang Anda sampaikan, saya tidak dapat memastikannya. Walaupun demikian, dari informasi yang terbatas ini, kemungkinan yang Anda alami kemungkinan besar adalah adanya batu pada kandung kemih Anda, atau bisa juga karena infeksi kandung kemih.

Walau begitu untuk memastikannya sebaiknya Anda seera berkonsultasi  dengan dokter spesialis penyakit dalam (internist) setempat. Biasanya, akan dilakukan pemeriksaan darah, urin, USG dan bisa juga pemeriksaan di daerah abdomen (BNO-IVP)

Saya kira itu yang dapat sampaikan.  Semoga berkenan..

Terimakasih

Wassalamualaikum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com