Kompas.com - 02/08/2013, 16:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Kita sering mendengar bahwa konsumsi daging merah bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Konsumsi daging merah dikatakan menjadi penyebab tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh seseorang.

Akan tetapi, di sisi lain kita juga harus menyadari bahwa konsumsi daging menyuplai nutrisi bagi tubuh, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebuah penelitian pun telah menyebutkan bahwa konsumsi daging merah tetap baik bagi kesehatan.

Lalu kenapa kita mesti makan daging? Berikut ini manfaat penting yang bisa kita dapatkan.

- Protein
Manfaat pertama kita makan daging adalah asupan protein. Kita tahu bahwa daging terkenal akan kandungan proteinnya. Satu hal yang harus diingat, apakah daging merah atau putih yang kita konsumsi, pilihlah tanpa lemak. Bila tidak, kadar kolesterol darah kita pun meningkat karena konsumsi lemak tadi.

- Energi
Kita tidak harus meninggalkan konsumsi daging jika sudah terbiasa makan daging dalam diet harian. Jika mencoba meninggalkannya, maka bisa jadi diet harian kita kurang seimbang. Daging adalah salah satu sumber energi bagi tubuh. Bila kita tinggalkan, maka kita hanya memiliki energi lebih sedikit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

- Vitamin B12
Jenis vitamin ini sebagian besar berasal dari hewan, salah satunya daging merah. Vitamin B sangat penting bagi wanita hamil. Kekurangan vitamin ini dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim.

- Asam linoleat
Produk susu dan daging sapi mengandung asam linoleat yang merupakan senyawa anti-karsinogen, pencegah kanker. Beberapa penelitian juga membuktikan asam linoleat mengobati kanker payudara. Kabar baik nih buat para wanita.

- Sistem kekebalan tubuh
Daging merah mengandung mineral seng, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain dari seng adalah memperlambat penuaan.

- Kecerdasan
Lemak baik dan nutrisi dalam daging merah membantu pertumbuhan otak dan kecerdasan kita. Inilah alasan besar mengapa kita harus mengonsumsi daging merah.

- Asam lemak omega-3
Kita pikir hanya salmon dan ikan berminyak yang dianggap sebagai sumber terbaik asam lemak omega-3. Daging merah juga mengandung asam lemak omega-3.

Selama dimasak dengan benar dan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, daging merah memberikan banyak manfat bagi kesehatan tubuh. Ingat, pilihlah daging merah kurus dan tanpa lemak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.