Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Manfaat Konsumsi Daging Merah

Kompas.com - 27/01/2012, 13:40 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini, banyak kita dengar berita kurang sedap mengenai pengaruh konsumsi daging terhadap kesehatan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan, konsumsi daging merah memiliki kontribusi terhadap peningkatan risiko kanker payudara, usus, dan ginjal.

Mendengar temuan itu, tidak heran jika kini banyak orang yang beralih menjadi vegetarian. Banyak orang menganggap diet tinggi sayuran dan buah-buahan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Mereka berpikir untuk hanya mengasup protein nabati (tumbuhan) yang dinilai lebih aman ketimbang protein hewani.

Jika Anda berpikir demikian, hal itu tidak sepenuhnya benar. Bagaimana pun, konsumsi daging tetap diperlukan untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi metabolisme tubuh yang vital, di samping juga memberikan banyak energi.

Berikut ini adalah 3 (tiga) manfaat konsumsi daging untuk menunjang kesehatan:

1. Daging mengandung sejumlah besar protein yang penting untuk tubuh. Protein dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan di samping manfaat lain seperti perbaikan dan pembangunan jaringan tubuh, serta produksi antibodi yang akan melindungi tubuh dari infeksi, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Intinya, karena daging mengandung semua asam amino esensial, mereka berada di peringkat teratas sebagai salah satu sumber protein terbaik.

2.  Disamping kaya akan nutrisi, daging merupakan sumber terbaik dari zat besi, seng dan selenium. Zat besi dalam hemoglobin memiliki fungsi penting dalam membantu mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh. Sedangkan seng, membantu dalam pembentukan jaringan dan metabolisme. Sementara selenium memecah lemak dan bahan kimia dalam tubuh.

3.  Vitamin merupakan nutrisi penting yang dapat dipenuhi melalui asupan makanan. Kebutuhan Vitamin A, B dan D ternyata bisa Anda temukan dalam daging. Manfaat vitamin tersebut tidak hanya mempromosikan kesehatan mata, gigi dan tulang kuat tetapi juga mendukung kerja sistem saraf pusat sehingga mempromosikan kesehatan mental juga. Tidak hanya itu, konsumsi daging juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com