Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2013, 15:51 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

Sumber LiveStrong

Kompas.com- Memiliki lingkar pinggang yang kecil sangat bergantung pada apa yang kita makan. Dengan pemilihan menu yang tepat, kita bisa menjaga agar metabolisme tetap tinggi sehingga lebih banyak kalori yang terbakar. Perlu diingat bahwa apa yang kita makan sama pentingnya dengan seberapa banyak kita makan.

Memilih makanan yang tepat adalah langkah pertama agar lingkar pinggang tak gampang melar.

1. Dada ayam

Dada ayam kaya protein dan rendah lemak. Bagian dada juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Protein dalam dada ayam akan menjaga metabolisme tetap tinggi dan membantu memelihara massa otot.

2. Tuna kaleng

Tuna memiliki kesamaan dengan dada ayam dalam kandungan protein dan lemak. Karena tuna dalam kaleng termasuk dalam hidangan setengah matang, tuna bisa langsung dikonsumsi menjadi campuran salad atau diolah lagi dengan berbagai bumbu. Tuna kaleng tersedia dalam redaman air dan minyak. Untuk menjaga kadar kalori dalam tubuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi tuna dalam air.

3. Tahu

Sebagai pengganti daging dalam menu vegetarian, tahu kaya kandungan protein. Terbuat dari kedelai, tahu mengandung karbohidrat, lemak, dan protein yang mempercepat metabolisme.

4. Sayuran berdaun hijau
 
Penuh nutrisi dan minim kalori, sayuran berdaun hijau kaya serat sehingga membuat perut lebih kenyang, mencegah rasa kembung dan meyehatkan pencernaan. Sayuran ini juga kaya vitamin A, K, D dan E.

5. Buah

Buah adalah pilihan bijak untuk meredam keinginan mengkonsumsi gula, tanpa mengorbankan diet. Sebaiknya hindari buah kaleng karena biasanya sudah diberi tambahan gula. Buah segar yang kaya vitamin, mineral,  gula, dan tinggi serat, memperlambat pencernaan sehingga bisa menjadi sumber energi.

6. Ubi

Ubi adalah sumber energi yang kaya vitamin A dan C. Ubi diolah perlahan sehingga menjaga metabolisme tetap tinggi, kadar gula stabil, dan meminimalkan penyimpanan lemak.

7. Oatmeal

Oat mengandung banyak serat dan karbohidrat yang lambat diolah. Oatmeal yang dikonsumsi sebagai sarapan menyediakan banyak energi dan menjaganya tetap tersedia hingga makan siang.

8. Minyak zaitun

Kerap digunakan sebagai dressing, minyak zaitun menyediakan asam lemak omega 6 dan omega 3 yang baik untuk jantung. Miyak zaitun juga mengandung vitamin E.

Asam lemak dalam minyak zaitun merangsang tubuh menggunakan lebih banyak lemak sebagai bahan bakar. Asam lemak dalam miyak zaitun akan memperlambat pengolahan dan menyediakan energi dalam waktu yang lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com