Kompas.com - 20/08/2013, 12:14 WIB
Ginseng ShutterstockGinseng
|
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Berkaitan dengan aktivitas seksual, masyarakat percaya ada beberapa makanan yang dipercaya memiliki khasiat khusus untuk mengatasi keloyoan organ vital pria. Salah satunya adalah ginseng.

Ginseng merupakan tanaman akar yang sudah dipakai ribuan tahun dalam praktik pengobatan China. Herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan, meningkatkan daya ingat, bahkan memperpanjang umur.

Ada beberapa jenis ginseng yang terkenal, antara lain American ginseng (Panax quinquefolius), Korea ginseng, Panax ginseng, dan Siberian ginseng. Namun, Siberian ginseng tidak memiliki senyawa yang sangat penting, gensenodes.

Ginseng yang terkenal akan khasiatnya dalam hal kemampuan ereksi pria adalah ginseng yang berasal dari Korea yang disebut ginseng merah. Bahkan ginseng ini disebut-sebut mampu meningkatkan gairah seksual, jumlah sperma, serta pergerakan sperma.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2003 disebutkan, suplementasi ginseng merah ternyata aman dan efektif untuk meningkatkan kemampuan ereksi pria, bahkan pada kasus impotensi yang cukup parah dan tidak bisa diatasi oleh obat impotensi seperti Viagra.

Meski begitu, ginseng Korea ini memiliki efek samping berupa gangguan tidur, terutama jika diminum dengan kopi, serta bisa membuat seseorang lebih mudah marah.

Pada kasus yang jarang, konsumsi ginseng juga akan meningkatkan tekanan darah, gangguan pencernaan seperti diare dan muntah, serta meningkatkan risiko perdarahan. Karena itu dokter melarang konsumsi suplemen ginseng pada pasien hipertensi, dan seminggu sebelum operasi.

Pasien yang mengonsumsi obat-obatan medis seperti obat hipertensi, penyakit jantung, diabetes, pereda nyeri, serta antidepresan, tidak disarankan mengonsumsi ginseng.

Para ahli juga tidak menyarankan konsumsi ginseng secara terus-menerus, tetapi dalam satu siklus. Misalnya, konsumsi ginseng setiap hari selama satu minggu, lalu hentikan untuk dua minggu, baru mulai konsumsi lagi. Untuk amannya, konsultasikan dulu kondisi kesehatan Anda sebelum mengonsumsi ginseng.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber LiveStrong
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.