Kompas.com - 15/10/2013, 13:12 WIB
|
EditorAsep Candra

 


KOMPAS.com -
Jika Anda sedang merencanakan memiliki momongan, ada baiknya Anda membiasakan diri untuk berolahraga teratur. Ini karena sebuah studi baru menemukan, olahraga dapat meningkatkan jumlah sperma sehingga memperbaiki kesuburannya.

Peneliti Audrey Gaskins, kanditat doktor di Harvard Schoold of Public Health mengatakan, jumlah sperma umumnya lebih tinggi pada mereka yang berolahraga teratur, khususnya pria yang melakukan angkat beban atau berolahraga luar ruangan.

"Pria yang berolahraga tujuh jam per  minggu atau satu jam setiap harinya memiliki konsentrasi sperma 48 persen lebih tinggi daripada mereka yang hanya berolahraga satu jam per minggu," katanya.

Studi melibatkan relawan pria yang menjalani terapi kesuburan di Massachusetts General Hospital Fertility Center antara 2006 hingga 2012. Sebanyak 137 pria memberikan sampel sperma dan mengisi kuesioner terkait olahraga dan aktivitas fisik mereka sehari-hari.

"Secara keseluruhan, kami melihat pria dengan kadar aktivitas fisik moderat hingga berat memiliki kadar konsentrasi sperma yang lebih tinggi," ujar Gaskins.

Lebih lanjut para peneliti menemukan tipe aktivitas tertentu yang paling dapat meningkatkan konsentrasi sperma adalah angkat beban dan olahraga luar ruangan.
Mereka menemukan, pria yang berolahraga luar ruangan rata-rata memiliki konsentrasi sperma 42 persen lebih tinggi dibanding mereka yang tidak. Sementara pria yang melakukan angkat beban memiliki konsentrasi sperma 25 persen lebih tinggi.

Gaskins menjelaskan, angkat beban memperbaiki produksi testosteron dan sensitivitas insulin yang berhubungan dengan konsentrasi sperma yang lebih tinggi. Sementara olahraga luar ruangan dipercaya meningkatkan kadar vitamin D dari sinar matahari sehingga kesuburan pun semakin baik.

Kendati demikian, tidak semua olahraga baik untuk keseburan pria. Para peneliti juga menyatakan, bersepeda justru buruk untuk hal itu. Tekanan pada testis pada sadel sepeda akan meningkatkan suhu dan berdampak buruk bagi konsentrasi sperma.

Sementara itu, dua studi sebelumnya menunjukkan, konsumsi kopi dan alkohol mempengaruhi kesuburan pria. Terlalu banyak mengonsumsi keduanya akan menurunkan tingkat kesuburan mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.