Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2013, 08:32 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin bertanya tentang kondisi kesuburan saya. Saya sudah menikah selama 4 bulan namun belum juga mendapatkan hasil. Saya juga sudah melakukan pemeriksaan dan konsultasi  dengan dokter dan ternyata jumlah sperma saya hanya sekitar 1 juta, yang seharusnya jumlah normal 40-60 jt. Apakah sel sperma saya ini masih bisa terbentuk lagi dan mencapai jumlah normal? Adakan cara atau terapi dengan suplemen/obat untuk meningkatkan jumlah sel sperma saya? Atau adakah makanan khusus yang perlu saya konsumsi Prof untuk mempercepat pembentukan sel ini?

(Zai, 30, Gunungsitoli)


JAWAB :

Harus dipastikan apakah benar hasil analisis sperma yang Anda dapat itu. Dari laporan Anda, saya pikir ada kesalahan yaitu dalam hal jumlah normal. Seharusnya 20 juta/ml ke atas, bahkan parameter normal sekarang menggunakan 15 juta/ml.

Setelah itu harus dicari apa penyebab gangguan sperma tersebut. Untuk mengatasinya, penyebab tersebut harus diatasi juga. Kalau tidak, maka pengobatan akan gagal.  Penggunaan suplemen, tergantung apa yang terkandung pada suplemen itu.

Tetapi penggunaan suplemen tidak akan ada manfaatnya kalau penyebab gangguan kesuburan tidak ada kaitan dengan suplemen. Misalnya, kalau penyebab gangguan sperma karena varikokel.

Makanan yang khusus untuk meningkatkan jumlah spermtozoa, tidak ada. Saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ulang sperma yang lebih tepat. Anda juga memerlukan pemeriksaan untuk menentukan apa penyebab gangguan kesuburan itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com