Kompas.com - 17/11/2013, 15:11 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com
- Buah merupakan bahan pangan yang penting untuk menunjang fungsi tubuh. Pasalnya buah secara umum mengandung serat, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Hanya saja, buah juga mengandung fruktosa yang diketahui tidak baik bagi diabetesi. Jadi, bagaimana aturan makan buah yang benar khususnya untuk diabetesi?

Pakar ilmu penyakit dalam Roy Panusunan Sibarani mengatakan, fruktosa dalam buah tidak akan memperparah diabates asalkan dimakan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Khususnya untuk buah-buah dengan kadar fruktosa tinggi, diabetesi perlu membatasinya satu atau dua potong saja.

"Misalnya untuk nanas, boleh saja dimakan, asal hanya satu atau dua potong. Begitu juga durian atau mangga," ujarnya saat ditemui dalam sebuah acara diskusi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sayangnya, kata Roy, kalau menyukai satu jenis buah tertentu, kebanyakan orang tidak dapat mengontrol diri untuk tidak makan banyak. Hal itulah yang menurut dia memperparah diabetes.

"Intinya semua yang belebihan itu tidak baik, jadi jangan makan buah berlebihan, sesuaikan saja dengan porsi yang disarankan," ujar pengurus Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) ini.

Porsi sajian buah yang disarankan perhari adalah dua porsi. Diketahui, satu porsi buah yaitu satu buah ukuran sedang seperti apel atau pir, atau 10 buah ukuran kecil seperti anggur atau kelengkeng, atau satu potong buah ukuran besar seperti melon, semangka, dan lain-lain.

Selain itu, disarankan juga bagi diabetesi untuk memilih buah yang belum terlalu matang. Ini untuk meminimalisasikan kandungan fruktosa yang ada di dalamnya.

Menurut sebuah studi asal Harvard School of Public Health, konsumsi buah-buahan segar yang dimakan utuh, terutama buah blueberi, anggur, apel, dan pir, bahkan bisa menekan risiko diabetes. Asalkan, buah-buah tadi tidak dimakan dalam bentuk jus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.