Kompas.com - 02/01/2014, 08:02 WIB
Sebaiknya susunlah resolusi 2013 untuk hidup dengan lebih positif shutterstockSebaiknya susunlah resolusi 2013 untuk hidup dengan lebih positif
|
EditorAsep Candra


SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, dalam menyambut tahun baru, banyak rencana yang melintas dalam benak kita. Terkait dengan kesehatan misalnya, ada yang ingin menurunkan berat badan, berhenti merokok, tidak lagi minum alkohol, aktif berolahraga, makan yang sehat, melakukan check-up, dan sebagainya. Tetapi, setelah tahun berlalu, sebagian rencana itu juga berlalu, rencana tinggal rencana, apa yang anda dapatkan sekarang jauh dari harapan anda, bahkan sebaliknya, berat badan anda malah semakin naik, perut anda semakin buncit.

Dua  tahun yang lalu, pada akhir tahun, saya bertemu dengan seorang teman lama. Dari penampilannya saja, saya sudah dapat memperkirakan tentang kualitas kesehatannya. Bila dia tidak melakukan perubahan gaya hidupnya ke depan, saya yakin dia bisa-bisa jatuh sakit. Dan, memang, seperti apa yang saya perkirakan,  Teman saya itu sekarang dirawat di rumah sakit karena diabetes. Lalu, kenapa ini bisa terjadi? Ternyata, apa yang direncanakan dia dalam mengantisipasi ancaman kesehatannya itu, tidak dia realisasikan. 1-2 minggu pertama saya olahraga teratur, menjalani diet, tidur yang cukup, tapi setelah itu tidak pernah lagi, ceritanya waktu saya menjenguknya di rumah sakit.

Kemudian, “mengapa sebagian besar kita gagal merealisasikan resolusi, rencana yang sudah kita buat?”  Seperti teman saya di atas,  khususnya terkait dengan kesehatan kita?” Pada hal, kita tahu bahwa kesehatan itu sangat penting, tinggi nilainya, tidak dapat dihargai dengan uang, materi, atau apapun juga. Menurut beberapa ahli, disamping motivasi yang tidak kuat, sering kita membuat rencana yang tidak realistis, tidak spesifik, goals yang tidak jelas.

Misalnya, kita punya rencana untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat, mengurangi garam, gula, membatasi makanan berlemak, mengurangi makanan tinggi kalori, aktif berolahraga, berhenti merokok, menurunkan berat badan, dan sebagainya. Nah, kalau hanya begini rencana kita, rencana yang mengambang, luas, ini akan sulit dilaksanakan, dan goalnya, hasilnya juga tidak jelas.

Oleh karena itu, buatlah resolusi, rencana yang spesifik, realistis, dan terukur. Pilah-pilahlah rencana, goal yang besar, luas itu menjadi yang lebih kecil. Kalau anda ingin aktif berolahraga, buatlah goal yang spesifik, misalnya, akan jalan kaki 30 menit setiap hari. Dari 30 menit jalan kaki ini, anda juga bisa melakukan kegiatan, perubahan yang realistis seperti, 15 menit sebelum mandi pagi akan berjalan di sekeliling rumah, memilih naik tangga daripada menggunakan lift atau eskalator di kantor.

Bila anda mempunyai rencana mengkonsumsi makanan yang sehat, buatlah rencana yang spesifik dan juga realistis. Misalnya, di samping makanan pokok, pagi hari akan makan satu porsi sayur bayam, satu buah pisang, satu gelas susu. Siang makan 1 mangkok salad, 1 buah apel, 1 gelas teh hijau. Makan daging hanya 1-2 kali seminggu, makan di luar hanya 1 kali seminggu, minum teh manis hanya  1 kali sehari, dan sebagainya.

Saya pernah punya pasien yang ingin berhenti merokok. Ketika dia mempunyai goal yang tidak realistis, ingin berhenti seketika secara total dalam 1-2 bulan, dia tidak pernah bisa merealisasikannya. Tetapi, pasien lain, perokok berat yang juga ingin berhenti merokok. Lalu, dia membuat rencana yang spesifik, realistis, dalam 1 bulan pertama hanya merokok 10 batang setiap hari, kemudian setiap bulan selanjutnya dia kurangi secara bertahap, 2 batang sehari. Tidak sampai dalam satu tahun dia sudah dapat berhenti merokok secara total. Begitu juga hal lain yang anda rencanakan, seperti ingin menurunkan berat badan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, menghadapi tahun baru ini, bila anda ingin membuat rencana tentang kesehatan, buatlah goal yang spesifik dan realistis. Saya percaya, perubahan kecil yang positip yang anda lakukan setiap hari secara terus menerus, pasti akan membuahkan hasil yang besar. Lima belas menit olahraga yang anda jalani mulai hari-hari  ini, akan memotivasi anda melakukannya lebih lama lagi di hari-hari berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Kompasiana
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

5 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil

5 Olahraga Aman untuk Ibu Hamil

Health
Penyakit Peyronie

Penyakit Peyronie

Penyakit
6 Manfaat Kaviar dan Alasan Harganya Mahal

6 Manfaat Kaviar dan Alasan Harganya Mahal

Health
Penyakit Retina

Penyakit Retina

Penyakit
6 Cara Menjaga Kuantitas dan Kualitas Produksi ASI

6 Cara Menjaga Kuantitas dan Kualitas Produksi ASI

Health
Bronkopneumonia

Bronkopneumonia

Penyakit
3 Minuman yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Asma

3 Minuman yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Asma

Health
Ruam Popok

Ruam Popok

Penyakit
8 Cara Menurunkan Kadar Asam Urat secara Alami Tanpa Obat

8 Cara Menurunkan Kadar Asam Urat secara Alami Tanpa Obat

Health
Gagal Ginjal Akut

Gagal Ginjal Akut

Penyakit
Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius, Kenali Penyebab Nyeri Lengan Kiri

Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius, Kenali Penyebab Nyeri Lengan Kiri

Health
Orthorexia

Orthorexia

Penyakit
4 Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Usus

4 Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Usus

Health
IUGR

IUGR

Penyakit
Bahaya Sosial Media untuk Anak, Orangtua Wajib Tahu

Bahaya Sosial Media untuk Anak, Orangtua Wajib Tahu

Health
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.