Cucilah Apel Sebelum Dimakan

Kompas.com - 11/04/2014, 11:42 WIB
Ilustrasi buah apel ShutterstockIlustrasi buah apel
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -- Kebiasaan Anda memasukkan buah apel ke dalam kotak bekal sangatlah baik. Buah yang kaya serat ini salah satunya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Hanya saja, jangan lupa untuk selalu mencuci apel sebelum dikonsumsi.

Mengapa apel wajib dicuci? Alasan utamanya adalah karena apel termasuk dalam buah yang paling tercemar pestisida. Kelompok nirlaba Environmental Working Group tahun lalu menempatkan apel ke dalam urutan teratas daftar buah dan sayuran yang paling terkontaminasi pestisida.

Pestisida sendiri dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, terutama gangguan perkembangan pada anak-anak. Selain itu, pestisida juga dikhawatirkan bersifat karsinogen dan mengganggu sistem hormon dalam tubuh.

Meski demikian, ketakutan akan pencemaran pestisida dalam buah dan sayuran jangan membatasi Anda untuk mengonsumsi bahan makanan sehat ini. Selain itu, kandungan serat dan vitamin dalam buah ini membuat manfaat apel melebihi efek buruk dari pestisida.

Jika Anda sangat khawatir dengan kandungan pestisidanya, selalu cuci buah apel sebelum dimakan. Anda juga bisa membeli buah apel organik, meski harganya relatif mahal.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X