Kompas.com - 23/06/2014, 10:54 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

 
Dokter, saya mau sharring, saya baru 1 tahun menikah dan kalau menstruasi kenapa ya terasa sakit sekali di perut, bahkan tak jarang sampai muntah-muntah. Waktu dulu sebelum menikah juga sakit seperti ini, tetapi orang-orang bilang nanti kalau sudah menikah akan hilang sendiri rasa sakitnya. Saya juga belum punya anak dok, apa benar sakit pada saat menstruasi yang saya derita ini berdampak saya susah punya anak? Mohon solusinya dokter. Terima kasih.
 
Krisdayanti (27), Tangerang
 

JAWAB:

Ibu krisdayanti yth,
Nyeri haid sering sekali mengganggu wanita. Segera periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui penyebabnya. Bila organ reproduksinya normal, tidak ada miom atau kista, artinya aman. Bila rahimnya ke arah belakang ( retrofleksi ) itu sering menjadi penyebab sakit nya.

Menurut saya, selama tidak ada kelainan fisik, ibu sabar saja. Boleh minum pain killer yang biasa. Upayakan segera hamil karena biasanya setelah melahirkan, keluhannya akan menghilang.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X