Kompas.com - 30/06/2014, 17:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Buah dan sayur merupakan sumber utama vitamin, mineral, dan serat, bagi tubuh kita. Dalam Pedoman Gizi Seimbang, kita dianjurkan untuk mengonsumsi sayur 3-4 porsi dan buah 2-3 porsi setiap hari.

Selama ini buah lebih dikenal sebagai hidangan "pencuci mulut" sehingga selalu disajikan di akhir acara makan. Tetapi menurut teori diet tertentu, buah sebaiknya dikonsumsi sebelum mengonsumsi menu utama.

Menurut Dr.Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, sebenarnya tidak ada aturan baku kapan waktu yang tepat mengonsumsi buah. "Enzim pencernaan kita tidak ada masalah dengan waktu makan. Kapan pun buah bisa dicerna dengan baik," ujarnya.

Ia menambahkan, kapan waktu yang tepat untuk mengasup buah sangat tergantung pada tujuannya. "Kalau ingin menurunkan berat badan, sebaiknya buah dimakan duluan," katanya.

Buah merupakan bahan pangan yang rendah kalori dan tinggi serat sehingga bersifat mengenyangkan. Jika dikonsumsi sebelum menyantap menu utama, kita pun tidak akan kalap memakan hidangan di meja.

"Tetapi pada anak-anak yang memang susah makan, jangan diberi buah dulu sebelum waktu makannya," katanya.

Buah-buahan yang berserat juga akan membantu mencegah gula darah naik dan turun secara drastis sehingga kita kita tidak cepat lapar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.