Kompas.com - 11/07/2014, 11:35 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -
Air yang masuk ke dalam telinga saat mandi atau berenang tak diingkari bisa jadi sangat mengganggu. Memang, jika dilihat dari dampaknya, hal ini tidak begitu berbahaya. Namun, untuk sementara waktu, hal ini mampu mengurangi ketajaman pendengaran bahkan tak jarang kerap menimbulkan rasa sakit. Berikut adalah lima solusi mengeluarkan air yang masuk ke telinga.

1. Miringkan kepala
Miringkan kepala Anda sehingga telinga dalam posisi sejajar dengan lantai. Tangkupkan telapak tangan di atas telinga yang "kemasukan" air, dan tekan selama beberapa detik. Hal ini bisa menciptakan vakum sementara yang membantu mengusir air. Setelah itu, gunakan cotton bud untuk membersihkan telinga dan memastikan semua air keluar.

2. Atur tekanan udara
Tutup mulut Anda dan tahan lubang hidung dengan jari. Ambil napas dalam-dalam, kemudian dengan lembut tiuplah udara melalui lubang hidung. Ini akan membantu mengatur tekanan udara dan membuka tabung eustachio (bagian yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian atas tenggorokan dan berperan penting mengangkat oksigen ke telinga tengah), sehingga mengurangi sensasi kesemutan dari telinga.

3. Hair dryer
Pegang pengering rambut sekitar 10 inci dari telinga dan aturlah panasnya dalam kecepatan rendah. Nyalakan hair dryer selama beberapa detik, dan ulangi sesuai kebutuhan Anda.

4. Memakai garam
Masukkan seperempat cangkir garam dan panaskan dalam microwave. Letakkan dalam kain katun dan kencangkan. Tempatkan kain tersebut dekat telinga yang terkena air selama beberapa menit.

5. Ekstrak bawang putih
Hancurkan satu siung bawang putih untuk mendapatkan ekstraknya. Ambil sekitar dua atau tiga tetes ekstrak bawang putih tersebut, lalu letakkan di telinga yang "kemasukan" air. Tunggu satu atau dua menit kemudian, lalu keringkan telinga Anda menggunakan hair dryer dari jarak yang aman. Ini juga membantu meringankan rasa sakit dan kesemutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.