Kompas.com - 11/07/2014, 14:12 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sendi lutut merupakan sendi yang kompleks dan rentan. Berbagai faktor dapat menyebabkan nyeri pada lutut, tapi penyebab paling sering adalah cedera, tekanan berlebihan pada lutut dan aus karena penggunaan berulang-ulang.

Dari pasien yang datang berobat ke klinik Jakarta Knee & Shoulder Orthopaedic Sport Center RS.Pondok Indah Jakarta, lebih dari 41 persen pasien cedera lutut disebabkan oleh kegiatan olahraga.

"Jenis olahraga yang bisa menyebabkan cedera lutut adalah olahraga yang ada gerakan berlari dan melompat, misalnya sepak bola, futsal, basket, atau pun bela diri," kata dr. L.Andre Pontoh, Sp.OT(K), spesialis bedah orthopedi di RS.Pondok Indah Jakarta, Kamis (10/7/14).

Cedera bisa terjadi karena tahapan olahraga tidak dilalui dengan benar, misalnya kurang pemanasan, atau pun karena salah teknik olahraga.

"Sebagian besar pasien saya bukan olahragawan. Kebanyakan adalah mereka yang sebelumnya tidak pernah olahraga, tiba-tiba mau olahraga ekstrem padahal otot-ototnya tidak kuat," katanya.

Gejala utama cedera lutut adalah rasa nyeri pada bagian depan lutut, nyeri saat melakukan gerakan duduk dan berdiri, lutut tidak bisa dilipta penuh, atau nyeri saat naik turun tangga.

Untuk mencegahnya, sebaiknya lakukan kegiatan olahraga secara bertahap. Jika berat badan berlebihan, lakukan olahraga yang tidak terlalu membebani lutut, misalnya bersepeda atau berenang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.