Kompas.com - 24/07/2014, 14:58 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan sejak muda merupakan modal wajib untuk tetap bugar dan kuat sepanjang usia. Tetapi, walau kita sudah menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya ada juga lima kesalahan yang mungkin akan merusak kesehatan Anda. Apa saja kesalahan-kesalahan itu?

1. Menyikat gigi setelah sarapan
Kebiasaan ini akan merusak enamel atau lapisan terluar gigi, terutama bila makanan yang dimakan sebelumnya adalah makanan dengan tingkat asam yang tinggi, misalnya buah-buahan. Menurut Mark Wolff, dokter gigi dari New York City College, makanan dengan asam yang tinggi akan mengikis enamel. Menyikat gigi setelah mengasup makanan tersebut akan membuat lapisan enamel tipis dan lama-kelamaan akan keropos.

Setelah makan sebaiknya cukup berkumur dengan air dan tunggu sekitar 40 menit sampai kalsium dalam liur meremineralisasi enamel. Barulah itu saat yang tepat untuk menyikat gigi.

2. Menyetir dengan jendela terbuka
Polusi udara di jalan raya sangat tinggi. Menurut Scott Fruin, peneliti kesehatan lingkungan di USC mengatakan, polusi udara dapat meningkatkan sakit kepala, kanker, dan penyakit jantung. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan transportasi yang tertutup. Kalaupun harus menggunakan sepeda motor, maka pastikan Anda menggunakan masker.

3. Memanaskan makanan di microwave di wadah plastik
Meskipun wadah plastik mengklaim bebas BPA (zat kimia dalam plastik yang berbahaya bagi kesehatan), zat-zat lainnya dalam plastik masih berpotensi masuk ke dalam makanan yang dipanaskan dalam wadah plastik. Menurut Germaine Buck Louis, direktur institut kesehatan nasional AS mengatakan, zat kimia itu berpotensi merusak sperma dan mengacaukan produksi hormon di tubuh. Maka, pastikan Anda selalu memanaskan makanan di microwave dengan wadah kaca.

4. Menyetir setelah minum minuman beralkohol
Saat mabuk, orang memang dilarang untuk menyetir. Namun meskipun tidak sampai mabuk, menyetir setelah minum minuman beralkohol juga berisiko kecelakaan.

5. Mengecek email pekerjaan sebelum tidur
Meskipun pekerjaan memang penting, namun waktu istirahat sebaiknya tidak diganggu dengan urusan tersebut. Sebuah studi dari University of Florida menemukan, orang yang mengecek email di ponsel mereka setelah jam 9 malam cenderung untuk bangun dalam keadaan pening. Maka hentikan untuk menggunakan gadget Anda minimal satu jam sebelum tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.