Kompas.com - 25/07/2014, 07:23 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Niat untuk mengurangi keinginan makan seringkali berakhir pada makan makanan yang tidak sehat dalam jumlah besar. Ini karena semakin kita menahan keinginan makan dan membiarkan diri kelaparan, semakin mudah kita memilih makanan yang tidak sehat, seperti junk food.

Junk food yang tinggi lemak tentu tidak akan memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Apalagi jika dimakan secara berlebihan, junk food akan memicu obesitas dan penyakit-penyakit lainnya.

Namun kepuasan makan juga harus menjadi poin penting di sini. Bila hanya sekedar menahan keinginan makan junk food, seseorang tetap berisiko untuk memilih junk food kembali di waktu berikutnya. Solusinya, dibutuhkan makanan pengganti junk food yang juga enak dan memuaskan, namun lebih sehat.

1. Ganti cokelat dengan kacang
Bila keinginan untuk makan cokelat datang, berarti tubuh tengah membutuhkan magnesium. Sayangnya cokelat seringkali juga dilengkapi dengan susu dengan lemak yang cukup tinggi. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mengganti sumber magnesium dengan kacang. Namun tidak selalu harus memusuhi cokelat, karena ada juga cokelat hitam yang kandungan susunya lebih sedikit dan antioksidan yang lebih banyak.

2. Ganti kopi atau teh dengan jus buah
Keinginan untuk minum kopi atau teh memang umum terjadi, apalagi di pagi hari. Namun kedua minuman ini memiliki efek diuretik yang membuat cairan tubuh lebih mudah keluar melalui urine. Maka untuk tetap terhidrasi dengan baik, sebaiknya pilihlah minuman yang lebih segar seperti jus buah. Selain mampu menghidrasi tubuh, jus buah juga kaya vitamin yang memberikan kekuatan pada imunitas.

3. Ganti minuman beralkohol dengan pisang atau biji bunga matahari
Keinginan untuk minum minuman beralkohol timbul karena ketergantungan tubuh setelah mencoba minuman tersebut sebelumnya. Karena alkohol menyebabkan ketidakseimbangan senyawa kimia di otak, termasuk dopamin dan serotonin, maka amunisi pengganti bagi minuman tersebut adalah makanan yang mengandung dopamin, misalnya pisang atau biji bunga matahari.

4. Ganti keripik kentang dengan pisang
Makanan asin seperti keripik kentang akan datang ketika tubuh kekurangan potasium. Sayangnya, makanan asin juga tinggi kandungan garam lainnya, misalnya sodium, yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena itu, dibutuhkan sumber potasium lain yang juga sehat, salah satunya adalah dari buah pisang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.