Kompas.com - 15/08/2014, 13:51 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anda mungkin tahu bagaimana kerja otak saat tubuh kelelahan: sulit mengingat dan lambat berpikir. Kurang tidur memang sangat berpengaruh pada daya ingat dan kemampuan berpikir.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi dijelaskan oleh sebuah studi yang dilakukan pada penderita sleep apnea (henti napas saat tidur). Peneliti dari Universitas Kalifornia menguji kadar kortisol dalam darah pada 55 penderita apnea setiap 2 jam sekali dalam waktu 24 jam penelitian.

Penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa gangguan daya ingat terkait tidur ini disebabkan karena kekurangan oksigen. Namun, penelitian kali ini menemukan bahwa peningkatan tingkat hormon kortisol yang menyebabkan gangguan kognitif.

Hasil penelitian ini sejalan dengan banyak penelitian sebelumnya, bahwa ada hubungan terbalik antara tingkat kortisol dan fungsi kognitif.

Peneliti juga mengklaim bahwa peningkatan hormon kortisol berdampak buruk pada bagian otak yang disebut hipokampus. Bagian tersebut berperan besar dalam memperoleh dan menyimpan informasi untuk memori jangka panjang.

Penemuan ini dapat menjelaskan alasan seseorang yang kekurangan tidur dapat mengalami pelemahan daya ingat dan konsentrasi.

Penderita insomnia, atau mereka yang tidak cukup tidur karena gaya hidup, punya kadar hormon stres seperti kortisol yang tinggi. Walau mereka tidak mengalami henti napas atau gejala kekurangan oksigen pada malam hari tapi fungsi kognitif mereka akan terganggu, sama dengan penderita sleep apnea. Penyebabnya sama, yakni kenaikan tingkat kortisol.

Stimulasi berlebih terhadap kelenjar adrenal juga akan menghasilkan kortisol dalam jumlah banyak. Pemicu paling umum adalah stres, entah karena kekurangan tidur, henti napas, atau tidur yang tidak nyenyak (mudah terbangun). Maka itu, mengukur tingkat kortisol pada penderita sleep apnea dan susah tidur menjadi alat diagnosis yang relevan.  (Kevin Sanly Putera)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.