Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Diet dan Olahraga untuk Perbesar Payudara?

Kompas.com - 18/08/2014, 17:31 WIB


TANYA:

Dok, saya sudah berumur 16 tahun dan payudara saya hampir sama dengan adik saya yang baru memasuki kelas 5 SD tahun ini. Apa saya kekurangan gizi? Karena badan saya tidak ideal dengan tinggi saya dok. Tinggi badan saya 158 dan BB 42 kg. Apa pola makan saya yang tidak bergizi dan teratur? Tahun ini saya sudah jadi mahasiswa. Tolong dok kasih saran agar payudara saya berkembang sesuai umur saya dok. Makasih
Dian (16), Makasar

JAWAB:

Ananda Dian di Makasar,
Banyak wanita yang mendambakan payudaranya berkembang dengan sempurna sehingga tampak berisi dan besar. Perkembangan payudara seseorang dipengaruhi oleh banyak hal seperti faktor keturunan dan hormonal.

Pada masa pubertas, perkembangan payudara dibagi dalam 2 fase yakni fase estrogen dan fase progesteron. Fase estrogen tentunya didominasi oleh kerja hormon estrogen, dimulai sekitar 2 tahun sebelum menstruasi. Estrogen akan merangsang seluruh bagian payudara untuk tumbuh, mulai dari kelenjar susu, saluran air susu, jaringan konektif dan jaringan lemak.

Sedangkan fase progesteron merupakan fase akhir perkembangan payudara dengan membentuk tahap akhir dari kelenjar susu. Fase ini terjadi setelah seseorang memasuki masa menstruasi. Progesteron juga akan bekerjasama dengan estrogen menyempurnakan perkembangan payudara yang sudah terbentuk.

Keseluruhan proses perkembangan payudara berlangsung sekitar 4 tahun dan sudah sempurna sebelum usia 16 tahun. Jika melihat usia ananda Dian berarti fase pertumbuhan payudara sudah masuk pada tahap sempurna.

Berat badan
Seperti diketahui bahwa jaringan payudara terdiri dari cukup banyak jaringan lemak. Jika seseorang memiliki kondisi berat badan kurang tentunya akan membuat payudara menjadi lebih kecil karena jumlah jaringan lemak yang terbentuk juga tidak banyak.

Dari data yang ananda berikan memang IMT (indeks masa tubuh) ananda sekitar 16.8 kg/m2 yang masuk dalam kategori BB kurang. Dengan meningkatkan BB menjadi BB ideal tentunya akan menambah masa lemak payudara juga. Nah, untuk itu ananda dapat mulai mengkonsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang dalam jumlah 1800 kkal, protein 68g, lemak 50g dengan contoh menu sbb :

- Sarapan : susu 1 gelas (200 ml ) + roti isi 1 potong
- Snack pagi : bubur kacang hijau 1 gelas
- Makan siang : nasi 150 g + tim kakap jamur hiokio 100 g + pepes kacang merah 50g + gulai daun singkong 60g
- Snack sore : buah apel 100 g + biscuit 2 keping
- Makan malam : nasi 200 g + daging bumbu tomat 50g + tempe bumbu kari 50g + cah kembang kol jamur wortel 100g
- Snack malam : susu 1 gelas + roti panggang 1 lembar

Diet
Ada beberapa jenis bahan makanan yang cukup baik membantu perkembangan payudara antara lain :
- Sumber protein seperti ikan, daging rendah lemak, susu, telur, kedelai, tahu, tempe, kacang edamame, susu kacang, dll
- Sumber lemak/minyak yang baik seperti omega 3, 6 dan 9 dalam jumlah yang tepat

Olahraga
Ditujukan untuk memperkuat otot dinding dada, sehingga cukup membantu membuat ukuran payudara tampak lebih besar. Contoh berenang, latihan beban pada otot dada, dll

Jika dilihat dari faktor yang sudah diuraikan di atas, sepertinya yang dapat ananda lakukan saat ini adalah dengan memperbaiki diet dan pola makan agar BB dapat mencapai ideal juga olahraga untuk memperkuat otot dada.  Demikianlah  beberapa saran yang dapat saya berikan semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com