Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2015, 11:52 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com 
— Dua bungkus gado-gado dihabiskan oleh aktris Ria Irawan dengan lahap saat mengunjungi gedung Jakarta Post, Jalan Palmerah Barat, Jakarta, Senin (5/1/2015) sore. Selesai makan, Ria meneguk air putih yang telah dicampur potongan lemon dan buah ara.

Banyak makan merupakan salah satu cara Ria untuk bisa tetap kuat melawan kanker. Pemain film Berbagi Suami ini mengaku tak mau pusing soal makanan selama ia menjalani pengobatan kanker kelenjar getah bening. Sejak mengidap kanker, menurut Ria, tak semua makanan menjadi terasa nikmat di lidahnya.

"Makanan Eropa yang tadinya enak, jadi enggak. Mikir untuk makanan mana yang nikmat aja udah susah buat kita yang fungsi otaknya lagi begini," kata Ria saat berbincang-bincang dengan pihak media kelompok Kompas Gramedia.

Ria pun menceritakan, berat badannya justru bertambah selama pengobatan kanker. Sebab, Ria sebelumnya menjalani diet ketat untuk menurunkan bobot tubuhnya. Ia berbeda dengan sahabatnya, yaitu penyanyi dangdut Julia Perez atau yang akrab disapa Jupe. Sejak mengidap kanker serviks, berat badan Jupe turun drastis.

"Makanya gue naik 3 kilo. Kalau Jupe turun 10 kilo. Jupe takut makan ini itu karena dengerin 'katanya enggak boleh makan ini itu', yang masih katanya, katanya," ujar Ria.

Menurut Ria, jika kurang makan, tubuh menjadi tidak fit. Makan yang banyak pun diperlukan agar ia bisa menjalani kemoterapi. Setiap hari, Ria juga mengaku mengosumsi sayuran dan buah-buahan.

Bagi Ria, yang terpenting adalah ia tidak menderita karena kankernya. Ria pun masih menjalani aktivitas sehari-sehari seperti biasa, mulai dari shooting hingga diving. Namun, ia tetap membatasinya agar tak berlebihan karena ia tetap harus menjaga kondisi tubuhnya yang rentan terserang penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com