Kompas.com - 25/02/2015, 14:13 WIB
|

TANGERANG, KOMPAS.com- Rumah Sakit Khusus Kusta Sitanala, Tangerang kini mulai banyak memberikan pelayanan untuk pasien dengan penyakit umum.
 
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pun pada Rabu (25/2/2015) meresmikan Gedung Layanan Terpadu Dr.Adhyatma, MPH di untuk meningkatkan pelayanan umum dan kusta di RS Kusta Sitanala.

Dilihat dari jumlah kunjungan, pasien umum lebih banyak, yaitu 76 persen, dibandingkan pasien kusta hanya 24 persen. Untuk pelayanan rawat inap, pasien umum sebanyak 84 persen dan pasien kusta 16 persen. Jumlah ini menunjukkan bahwa pasien kusta sudah lebih berkurang dari tahun-tahun sebelumnya.
 
"Keberadaan RS ini diharapkan dapat menurunkan angka kecacatan pada penderita secara signifikan," ujar Nila.
 
Selain itu, banyaknya pasien umum yang berobat di RS Siatanala, menurut Nila dapat menghilangkan stigma terhadap penderita kusta. Sebab, penderita kusta tak perlu dijauhi karena penularannya tak mudah.
 
"Berarti kalau bergabung dengan umum tidak masalah lagi," kata Nila
 
Sejauh ini, RS Kusta Sitanala menjadi tempat rujukan tertinggi bagi penanganan kasus kusta dan RS di sekitarnya untuk pelayanan khusus. Lebih dari itu, RS ini menjadi salah satu sarana pendidikan, penelitian, dan pengembangan tenaga medis dalam pengobatan rehabilitasi kusta.
 
RS Sitanala didirikan sejak 1956 yang mulanya merupakan leprosarium kusta. Kini, terdapat 18 poliklinik di Sitanala. Mulai dari poliklinik umum, poliklinik gigi, dan 15 poliklinik spesialis.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.