Kompas.com - 26/04/2015, 12:39 WIB
|
EditorDian Maharani


JAKARTA, KOMPAS.com
– Seiring bertambahnya usia, kulit seseorang tentunya mengalami perubahan. Penuaan dapat terlihat jelas ada bagian wajah dengan banyaknya kerutan atau keriput dan kulit yang tak lagi kencang. Penuaan pada kulit karena faktor usia ini tak dapat kita hentikan.

Namun, banyak faktor lain yang menyebabkan penuaan pada kulit lebih cepat. Mulai dari faktor lingkungan hingga kebiasaan seseorang mengernyitkan dahi.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Heru Nugraha mengungkapkan, orang yang sering mengernyitkan dahi, misalnya ketika berpikir, akan lebih cepat membentuk garis-garis kerut pada dahi.

“Kalau mikir dahinya selalu berkerut. Ini kebiasaan orang yang juga sulit dihindari dan membuat kulit terlihat lebih cepat menua,” kata Heru dari Bamed Skin Care di Jakarta, Sabtu (25/4/2015).

Sementara itu, faktor lingkungan yang membuat kulit cepat menua, yaitu ketika kulit sering terpapar polusi udara. Sinar matahari langsung pada kulit juga menjadi penyebabnya. Faktor lainnya, yaitu gaya hidup yang tidak sehat.

“Bisa juga dari kebiasaan sehari-hari dalam hidup, seperti orang yang setiap harinya tidurnya telat. Kemudian orang yang merokok, jangan terlalu berharap penuaannya bakal terhambat karena radikal bebasnya dengan sengaja dimasukin ke badan,” terang Heru.

Selain faktor usia, penuaan kulit sebenarnya bisa dihambat. Misalnya, menghindari paparan asap kendaraan bermotor dengan menggunakan masker dan melindungi kulit dengan tabir surya.

Asupan nutrisi juga penting bagi kulit. Banyaklah konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, berhentilah merokok. Merokok bisa menyebabkan Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.