Kompas.com - 25/05/2015, 10:05 WIB
EditorBestari Kumala Dewi
KOMPAS.com - Berbagai produk pembersih area genital wanita ditawarkan, dengan klaim membuat area kewanitaan lebih bersih dan wangi. Mulai dari semprotan, cairan pembasuh, hingga tisu. Namun, sebenarnya perlukah mencuci “Miss V” (vagina)  dengan cairan khusus pembersih?

Menurut spesialis kebidanan dan ginekologi Dr. Iffath Hoskins dari New York, tinggalkan kebiasaan mencuci “Miss V” dengan cairan pembersih khusus. Pasalnya, bakteri di area vagina sebenarnya ada yang baik, sehingga tak ada alasan untuk menyingkirkannya.

“Vagina sebenarnya adalah layaknya orang hidup. Sel-sel baru yang sehat terus tumbuh, kemudian muncul ke permukaan dan menghasilkan cairan. Proses ini mirip dengan produksi air liur di dalam mulut. Cairan ini sebagai pembersih dalam tubuh Anda. Begitupun, cairan di area vagina yang mampu membersihkan area vagina sendiri, tanpa perlu bantuan cairan apapun, ” ungkap Hoskins.

Selain itu, sembarang menggunakan cairan khusus pembersih untuk membersihkan area “Miss V” bukan saja tak baik untuk vagina, tapi juga berbahaya. Selalu ada kemungkinan untuk terkena infeksi, Ph (tingkat keasaman) pada vagina  dalam kondisi normal akan mampu melawan infeksi yang menyebabkan bau maupun iritasi.

Tapi, membersihkan vagina dengan cairan khusus akan mengganggu keseimbangan pH di dalam vagina dan mengurangi kemampuan vagina melawan infeksi. Jadi, mulai sekarang simpan uang Anda dan bersihkan area “Miss V” dengan air bersih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.