Kompas.com - 10/06/2015, 10:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah padatnya aktivitas, tidur adalah salah satu kebutuhan yang tak boleh diabaikan. Kurang tidur dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak. Inilah yang kemudian menyebabkan menurunnya imunitas tubuh dan munculnya berbagai penyakit, mulai dari flu, depresi, diabetes, jantung, hipertensi, berat badan mudah naik, hingga kesulitan mengingat dan berkonsentrasi.

Saat tidur terganggu, maka seluruh sistem tubuh pun akan terganggu. Detak jantung tak beraturan, stres meningkat,kulit kusam, gula darah naik, dan risiko terkena kanker juga meningkat. Sayangnya, tak semua orang melakukan kebiasaan tidur sehat. Bahkan, tak sedikit orang yang justru mengonsumsi kafein atau minuman berenergi demi menunda kantuk.

Kebutuhan tidur orang dewasa adalah 7-8 jam per hari. Tapi, jangan lupa, bukan hanya kuantitas harus terpenuhi, kualitas tidur pun harus terjaga. Menurut Dr. Sonia Wibisono, pakar kesehatan dan nutrisi, kualitas tidur yang baik harus nyenyak dan tidak sering terbangun. Jika tidurnya berkualitas, ketika bangun, tubuh akan terasa lebih segar dan berenergi. Konsumsi susu hangat sebelum tidur bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak.

“Kalsium di dalam susu tak hanya baik untuk tulang, tapi kalsium juga berperan membuat tidur kita lebih nyenyak. Apalagi, bagi penderita insomnia. Usahakan dua jam menjelang tidur jauhi jangkauan semua gadget, termasuk TV. Sebagai gantinya, mandi dengan air hangat sambil membaca buku. Ini akan membuat Anda lebih rileks. Setelah itu, setengah jam menjelang tidur konsumsi segelas susu hangat,” ujarnya.

Dr. Sonia menambahkan, “bersentuhan” dengan gadget di malam hari, hanya akan membuat tubuh  semakin waspada. Sekarang ini, banyak orang menderita insomnia dan yang berperan besar adalah gadget. “Gadget membuat kita menerima terlalu banyak informasi, termasuk informasi yang menegangkan. Misalnya, kiriman email dari kantor yang dibaca menjelang tidur. Yang seharusnya bisa tidur nyenyak, justru tidak bisa tidur karena stress memikirkan pekerjaan,” paparnya saat ditemui media dalm acara peluncuran Nutritious Black Soy Milk Powder (9/6-2015) di Jakarta.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Kanker Lidah
Kanker Lidah
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.