Kompas.com - 09/07/2015, 17:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemberian ASI eksklusif tak hanya sangat bermanfaat bagi bayi, tetapi juga bagi ibu. Sama halnya seperti bayi yang tidak diberikan ASI, ibu yang tidak memberikan ASI juga akan lebih berisiko terkena penyakit.

"ASI akan menurunkan angka risiko kanker payudara, kanker ovarium, berdasarkan penelitian," ujar Ketua Pembina Sentra Laktasi Indonesia dokter Utami Roesli dalam diskusi di kantor Wahana Visi Indonesia, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Selain kanker, banyak penelitian juga mengungkapkan bahwa tidak menyusui dapat meningkatkan risiko ibu menderita diabetes tipe 2, jantung, hingga hipertensi.

Tami mengungkapkan, dalam Jurnal Pediatrics tahun 2009, ibu yang tidak menyusui dapat meningkatkan risiko 4,8 kali lebih tinggi untuk menyiksa maupun menelantarkan anaknya dibanding ibu menyusui. Penelitian tersebut dilakukan pada 5.890 ibu yang diikuti perkembangannya selama 15 tahun.

Ibu pun tak perlu repot-repot ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan. Cukup dengan menyusui, berat badan secara perlahan dapat kembali normal. "Enggak usah pilates, sedot lemak, cukup menyusui saja," kata Tami.

Memberikan ASI luar biasa manfaatnya. Ibu harus yakin ASI akan berlimpah selama menyusui. Dukungan pemberian ASI pun harus dilakukan mulai dari suami, orangtua, hingga lingkungan sekitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.