Kompas.com - 30/07/2015, 17:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Apakah karena kita baru putus dengan kekasih, berjauhan dari keluarga, pindah ke kota baru atau kantor baru, rasa kesepian sulit dihindari dalam hidup ini.

Sebenarnya rasa kesepian adalah hal yang normal, tetapi kesepian yang terlalu lama bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik. Bahkan, menurut sebuah penelitian, kesepian bisa meningkatkan risiko depresi dan kematian.

Banyak orang yang menganggap kesepian berarti sendirian. Padahal, cukup banyak orang yang tetap merasa kesepian di tengah keramaian. Untuk mengetahui apakah Anda merasa kesepian atau tidak, ketahui tanda-tanda berikut ini:

1. Menghabiskan waktu untuk menonton
Apakah Anda sering menghabiskan waktu untuk menonton serial televisi hampir sepanjang hari? Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang merasa kesepian biasanya sering menghabiskan waktu untuk menonton.

2. Kesulitan berada di situasi sosial
Dalam beberapa seri eksperimen, profesor Megan L Knowles menemukan bahwa orang yang kesepian mungkin memiliki pemahaman yang baik dalam keterampilan sosial, tetapi mereka merasa tertekan dan bingung bagaimana harus bersikap dalam dunia nyata.

3. Saat sendiri dirasakan sebagai kesepian
Merasa kesepian sangat berbeda dengan apa yang kita rasakan saat butuh waktu untuk sendiri atau melakukan "me time". Justru meluangkan waktu untuk diri sendiri memiliki banyak manfaat.

Jika Anda merasa sulit tidur, dilanda rasa cemas, depresi, atau tak bisa jauh dari televisi dan media sosial saat sendiri, kemungkinan Anda memang kesepian.

4. Aktif di media sosial
Sebuah studi dari Universitas Michigan menemukan bahwa kita akan makin aktif di media sosial saat merasa kesepian. Meski media sosial tidak menyebabkan kita kesepian, melihat kehidupan orang lain di linimasa kita terkadang justru menyebabkan rasa tidak bahagia.

Jadi, daripada langsung membuka media sosial saat Anda sedang kesepian, cobalah melakukan interaksi tatap muka atau telepon dengan seseorang yang Anda kasihi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.