Kompas.com - 08/09/2015, 10:39 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com – Mengurangi konsumsi minum alkohol hingga akhirnya berhenti minum alkohol merupakan langkah yang tepat jika Anda ingin meningkatkan kesehatan tubuh. Damon Raskin, seorang dokter di Los Angeles yang biasa menangani masalah kecanduan, mengatakan, berhenti minum alkohol bagi seorang pecandu mungkin sulit dilakukan.

Namun, jika berusaha dan memiliki keinginan, hal itu bukan mustahil dicapai. Apalagi, jika Anda mengetahui manfaat jika berhenti minum alkohol. Ini dia yang bisa Anda dapatkan dalam jangka pendek dan panjang jika berhenti minum alkohol.

1. Tidur lebih nyenyak

Menurut penelitian terbaru di jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research, minum alkohol sebelum tidur akan meningkatkan pola gelombang alfa di otak. Hal ini membuat tidur Anda terganggu. Hasil pengamatan yang pernah dilakukan, minum alkohol memang bisa membuat orang tertidur lebih cepat. Namun, hanya terjadi sementara waktu atau hanya periode awal tidur.

Meninggalkan alkohol dapat membuat Anda lebih merasa segar pada keesokan harinya. Kualitas tidur yang baik tentunya akan meningkatkan konsentrasi, hingga suasana hati lebih baik.

2. Makan lebih sedikit pada malam hari

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Nutrition, alkohol merupakan salah satu pemicu seseorang makan berlebihan. Peneliti menemukan, sejumlah wanita yang diberi minum alkohol akan makan 30 persen lebih banyak daripada yang tidak.

Menurut peneliti dalam jurnal Obesity, minum alkohol dapat membuat mereka lebih sensitif terhadap aroma makanan dan mendorongnya untuk makan lebih banyak. Hal itu karena terjadi peningkatan aktivitas otak di bagian hipotalamus jika minum alkohol.

3. Menurunkan berat badan

Tanpa Anda sadari, alkohol dapat meningkatkan asupan kalori harian Anda. Sebuah studi menemukan, pria yang sehari-hari mengonsumsi sedikit alkohol saja mengalami peningkatan 433 kalori dan wanita sebanyak 300 kalori.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.