Kompas.com - 13/10/2015, 09:01 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Meningkatkan metabolisme adalah salah satu hal terpenting yang berperan dalam menjaga berat badan, tapi seberapa cepat tubuh membakar kalori tergantung pada berbagai hal. Sebagian orang ada yang mempunyai metabolisme yang cepat.

Dalam hal ini, pria juga membakar lebih banyak kalori dibanding wanita, bahkan ketika sedang ebristirahat. Dan sebagian besar orang, metabolismenya akan terus menurun setelah berusia 40 tahun. Meski Anda tak bisa mengontrol usia, jenis kelamin, atau berbagai hal genetik lainnya, masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan metabolisme.

 

1. Membentuk otot

Proses pembakaran kalori dalam tubuh akan terus terjadi walaupun dalam keadaan tidak melakukan apa-apa. Orang yang berotot cenderung memiliki Resting Metabolic Rate atau tingkat metabolisme istirahat yang tinggi. Setiap otot menghabiskan sekitar 6 kalori per hari, sementara setiap pound lemak membakar 2 kalori. Setelah latihan yang cukup, otot akan muncul dan akan meningkatkan metabolisme harian Anda.

 

2. Tingkatkan latihan fisik

Latihan aerobik tidak akan menumbuhkan otot, namun latihan tersebut selama beberapa jam bisa meningkatkan metabolisme . Latihan dengan tingkat intensitas tinggi akan berdambak positif pada metabolisme Anda. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, Anda juga dapat mencoba kelas gym dan perbanyak jogging.

 

3. Perbanyak minum air putih

Untuk proses pembakaran kalori, tubuh membutuhkan banyak air. Metabolisme akan menurun jika Anda dehidrasi atau kekurangan air. Riset menunjukkan orang dewasa yang minum 6 – 8 gelas per hari akan membakar kalori yang lebih dibanding yang hanya minu 4 gelas. Agar tubuh tetap terhidrasi, minum segelas air sebelum makan atau Anda dapat mengonsumsi buah atau sayur-sayuran yang mengandung banyak air sebagai camilan.

 

4. Konsumsi minuman berenergi

Beberapa minuman berenergi mengandung kafein yang meningkatkan jumlah energi dalam tubuh. Selain itu juga terdapat taurin (asam amino) yang berfungsi untuk mempercepat metabolisme dan membantu membakar lemak. Walau begitu, Anda perlu berhati-hati karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan sulit tidur jika dikonsumsi secara berlebihan. American Academy of Pediatrics menyarankan agar minuman ini tidak dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber WebMD

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.