Kompas.com - 13/10/2015, 11:17 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Olahraga lari kini makin diminati dan telah menjadi gaya hidup masyarakat di perkotaan. Lari adalah olahraga yang terbilang mudah dan murah. Modal utama dari berlari sebenarnya hanya sepatu lari. Aktivitas ini pun bisa dilakukan di mana saja. Dari sisi kesehatan, olahraga lari memiliki berbagai manfaat.

Berikut 6 manfaat lari seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Berlari merupakan cara ampuh untuk membakar kalori berlebih di tubuh. Bagi pemula, cobalah untuk berlari secara bertahap dari segi waktu dan kecepatan. Jika rutin dilakukan, Anda bisa berlari selama satu jam dan membakar kalori lebih banyak lagi.

2. Lari adalah salah satu jenis olahraga aerobik yang menyehatkan jantung. Lari bisa melebarkan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah ke jantung. Namun, sebelum berlari, pastikan detak jantung Anda normal.

3. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berlari bisa menurunkan risiko menderita Alzheimer hingga 60 persen. Alzheimer merupakan penyakit yang ditandai dengan pikun yang umumnya terjadi pada orang lanjut usia. Aktivitas fisik lainnya seperti berjalan santai bagi orangtua juga bisa menurunkan risiko Alzheimer.

4. Olahraga lari bisa menurunkan stres. Saat kita melakukan olahraga jenis aerobik ini, akan terjadi pelepasan hormon endorfin. Hormon endorfin dikenal sebagai hormon bahagia sehingga kadar hormon stres pun menurun.

5. Lari secara rutin juga bisa menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian, lemak berlebih dalam tubuh sudah bisa berkurang jika berlari dalam waktu 3 hari berturut-turut. Jika rutin berlari setelahnya, maka bisa mengurangi lemak lebih banyak lagi.

Namun, lari tidak disarankan untuk orang yang kelebihan berat badan atau obesitas karena justru bisa merusak persendian di daerah lutut. Sebaiknya turunkan dulu berat badan dengan olahraga lain seperti bersepeda, berenang, dan juga dari sisi mengatur pola makan.

6. Berlari bisa membuat koordinasi tubuh lebih baik. Sebab, saat berlari, sekitar 32 sendi, 25 tulang 25, 111 ligamen, saraf, tendon, hingga pembuluh darah saling berkoordinasi dan bekerja sama seperti sebuah tim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.