Kompas.com - 16/10/2015, 10:01 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Minyak zaitun memang sudah dikenal sangat bermanfaat untuk kulit, tapi ternyata minyak zaitun memiliki manfaat lain, yaitu untuk mencegah kanker payudara. Penelitian di Spanyol menemukan, bahwa dengan mengonsumsi empat sendok minyak zaitun sehari bisa kurangi risiko terkena kanker payudara.

 

Dalam penelitian ini, sebanyak 4200 perempuan berumur 60 sampai 80 tahun dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing mendapatkan menu diet Mediterania yang berbeda, yang pertama ditambahkan minyak zaitun, yang kedua ditambahkan kacang-kacangan dan yang terakhir diet rendah lemak. Diet Mediterania sendiri terdiri dari buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, ikan dan juga daging.

 

Dalam pemeriksaan lanjutan setelah lima tahun, ditemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi diet Mediterania yang ditambahkan empat sendok minyak zaitun berisiko 68% lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Empat sendok minyak zaitun ini ditambahkan dalam salad, roti dan juga digunakan untuk memasak.

 

Terbukti, empat sendok minyak zaitun bisa kurangi risiko kanker payudara, tapi bagaimana cara kerjanya?

 

Dr. Miguel Angel Martines-Gonzales, peneliti dari University of Navarra, Spanyol, mengatakan, zat-zat yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mencegah berkembangnya sel kanker dan juga mematikan sel-sel yang tidak normal.

 

Cara lain untuk mengurangi risiko kanker payudara adalah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran, mengurangi minuman beralkohol, tidak merokok dan rutin melakukan pemeriksaan kanker payudara yang direkomendasikan oleh dokter, baik SADARI maupun mammografi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.