Kompas.com - 30/10/2015, 08:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Banyak orang yang datang ke bar terlihat asik menikmati minuman beralkohol sambil merokok. Ternyata dua kebiasaan tersebut memang saling berkaitan.

Para ilmuwan meenmukan bahwa minum alkohol akan membuat kita ingin mengonsumsi nikotin. Merokok juga bisa membuat kita tak terlalu mengantuk saat minum alkohol. Ini bisa menjelaskan mengapa para peminum biasanya juga perokok.

"Salah satu efek dari minum alkohol adalah mengantuk. Tetapi saat dikonsumsi bersamaan dengan rokok, nikotin bisa menghilangkan rasa kantuk," kata Dr.Mahesh Thakkar, ketua peneliti.

Jika seseorang menjadi perokok, ia akan lebih mungkin mengonsumsi lebih banyak alkohol, dan sebaliknya. "Keduanya saling melengkapi," katanya.

Merokok diketahui berkontribusi pada terjadinya kecanduan alkohol. Sekitar 85 persen orang dewasa di AS yang kecanduan alkohol adalah para perokok.

Studi sebelumnya menunjukkan, jika digunakan bersama-sama, rokok dan alkohol akan meningkatkan efek lebih menyenangkan.

Hal itu terjadi karena area otak yang terkait dengan ganjaran (reward) menjadi lebih aktif. Akibatnya seseorang akan minum dan merokok lebih banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.