Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Menahan Keinginan Masturbasi, Harus Bagaimana?

Kompas.com - 31/10/2015, 19:00 WIB
TANYA:

Selamat pagi dokter. Saya mahasiswi berusia 22 Tahun. Saya terlalu cepat mengalami rangsangan dan lebih parahnya saya sulit untuk mengontrol rasa keinginan saya untuk tidak masturbasi. Apakah keseringan masturbasi bisa menurunkan cara kerja otak dan apakah seusia saya ketika sering melakukan masturbasi akan berdampak pada kesehatan vagina saya? Terimakasih.
 
Rahma (22), Makassar

JAWAB:

Masturbasi bukanlah sesuatu yang luar biasa. Semua pria pernah melakukan masturbasi, bahkan tanpa disadari anak-anak juga melakukan masturbasi. Sebagian besar perempuan juga pernah melakukan masturbasi, termasuk anak perempuan.

Tidak ada pengaruh apapun karena melakukan masturbasi, termasuk pada  kesehatan vagina dan kerja otak. Tetapi kalau masturbasi menggunakan alat bantu yang dimaksukkan ke dalam vagina, tentu jangan sampai menimbulkan infeksi pada vagina. Karena itu kebersihan alat bantu harus diperhatikan.  

Pada umumnya setelah orang mempunyai pasangan seksual, masturbasi akan ditinggalkan kecuali pada keadaan tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com