Kompas.com - 03/11/2015, 10:35 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Ketika Anda kesulitan mencapai target penurunan berat badan hanya dengan diet dan olahraga, mungkin Anda perlu mempertimbangkan cara mempercepat metabolisme tubuh.

Ada beberapa metode peningkat metabolisme, tapi efektivitasnya berbeda-beda. Berikut adalah tips mempercepat metabolisme yang mungkin sudah sering Anda dengar. Tetapi, mana yang paling efektif? Kami telah mengurutkannya dimulai dari yang tidak begitu efektif sampai yang terbaik.

Vitamin B12
Mungkin Anda pernah mendengar tentang manfaat vitamin B12 dalam meningkatkan metabolisme, baik lewat suntikan atau suplemen. Tetapi cara tersebut hanya efektif pada mereka yang memang kekurangan energi dan didiagnosia lewat tes darah. Lagi pula tubuh akan membuang kelebihan vitamin B12. Itu artinya mengasup suplemen vitamin ini hanya memboroskan uang.

Sarapan pagi
Ini adalah kebiasaan sehat yang sudah sering disampaikan manfaatnya. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam tingkat metabolisme antara orang yang sarapan setiap hari dan yang melewatkannya.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan cenderung lebih langsing dan sehat, kemungkinan ini karena mereka juga mengikuti rekomendasi gaya hidup sehat lainnya, seperti rutin olahraga dan makan dengan sehat.

Makan sedikit tapi sering
Meskipun Anda sering mendengar bahwa ngemil adalah kunci untuk mempercepat metabolisme, tetapi sebenarnya tak banyak penelitian ilmiah yang membuktikannya.

Walau begitu, mengasup camilan sehat bukanlah ide buruk karena bisa menstabilkan kadar gula darah, menjaga stamina, dan mencegah makan banyak pada waktu makan.

Shutterstock Ilustrasi cabai
Makanan pedas
Riset-riset menunjukkan bahwa cabai berpotensi membakar lemak berkat antioksidan bernama capsaicin di dalamnya. Sebuah riset di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa cabai bisa meningkatkan tingkat metabolik hingga 50 kalori per hari.

Teh hijau
Kandungan katekin di dalam teh hijau dapat membantumu membakar lebih banyak kalori dan lemak. Sebuah riset di Jepang menemukan bahwa dua sampai empat cangkir teh hijau dalam sehari bisa meningkatkan metabolisme Anda sebanyak 4 persen untuk beberapa jam setelah mengonsumsi minuman ini. Namun manfaat paling besar dari teh hijau adalah membantu perut kenyang lebih lama setelah makan.

Produk susu
Wanita yang mengonsumsi produk susu 3 sampai 4 kali sehari kehilangan 70 persen lemak tubuhnya dibandingkan dengan yang melewatkan makanan mengandung susu. Demikian menurut sebuah riset yang diterbitkan di American Society for Nutritional Sciences Journal of Nutrition.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.