Kompas.com - 14/11/2015, 10:06 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Insomnia merupakan gangguan tidur berupa kesulitan mulai tidur, tidak bisa mempertahankan tidur (sering terbangun di malam hari), dan terbangun terlalu awal.

Insomnia bisa terjadi dalam hitungan hari, berminggu-minggu, dan bersifat kronis jika lebih dari 1 bulan.

Kepala Klinik Psikosomatik Rumah Sakit Omni Alam Sutera, dr. Andri SpKJ mengatakan, insomnia bisa diatasi dengan berbagai cara. Langkah utamanya adalah mencoba untuk melakukan pola tidur teratur.

"Tidurnya jangan lebih dari jam 12 malam terus. Saat mengantuk pergilah tidur. Lalu, bangun pagi secara teratur," kata Andri dalam seminar Insomnia and It's Related Disorder di RS Omni Alam Sutera, Tangerang Selatan, Jumat (13/11/2015).

Selain itu, hindari olahraga terlalu berat pada malam hari. Idealnya, selesai berolahraga minimal 2 jam sebelum tidur. Kemudian, jangan minum kopi, teh atau minuman yang mengandung kafein menjelang tidur, dan hindari melakukan pekerjaan, menggunan gadget, atau menonton TV sebelum tidur.

Nah, jika dengan cara tersebut tidak ampuh mengusir insomnia, bisa dibantu dengan terapi obat. "Berikan obat anti-insomnia yang tepat. Yang mempunyai efek menidurkan atau efek hipnotik," kata Andri.

Mengikuti rekomendasi Food and Drug Administration di Amerika Serikat, obat tidur yang disarankan dan juga tersedia di Indonesia, yaitu zolpidem, estazolam dan ramelteon.

Selain itu, menurut Andri dokter juga perlu memastikan apakah insomnia yang terjadi berkaitan dengan masalah gangguan jiwa lain atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.