Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2015, 09:58 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
 — Kurang tidur dapat berdampak buruk pada kesehatan. Berdasarkan data National Sleep Foundation, hampir 60 juta orang Amerika merasa lelah dan mudah marah setiap pagi karena kurang tidur pada malam hari.

Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti jantung, depresi, gangguan kognitif, diabetes, hingga masalah berat badan.

Adapun buruknya kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Berikut enam makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Oatmeal dengan susu dan madu
Oatmeal mungkin sudah sering menjadi menu sarapan Anda. Namun, kali ini cobalah makan oatmeal sebelum tidur. Oat merupakan salah satu makanan yang yang mengandung zat melatonin. Produksi melatonin yang tinggi dalam tubuh dapat membantu seseorang untuk tidur.

Produksi melatonin menurun seiring bertambahnya usia seseorang. Untuk itu, jangan heran jika orangtua kerap mengalami insomnia.  

Untuk memerangi insomnia, konsumlilah makanan yang kaya melatonin seperti oatmeal ini. Agar nikmat, tambahkan setengah mangkuk oatmeal dengan segelas susu hangat dan satu sendok teh madu. Makanlah 90 menit sebelum Anda ingin tidur.

 
Pisang dengan almond
Makan pisang juga dinilai ampuh untuk mengatasi kesulitan tidur. Berdasarkan penelitian, pisang yang mengandung potasium dan magnesium dapat menginduksi tidur.

Anda bisa makan pisang dengan diberi campuran almond yang juga kaya akan magnesium dan triptofan. Sajikan pisang di atas piring dengan diberi taburan almond. Makanlah 90 menit sebelum tidur.

Jus ceri
Ceri mengandung lebih banyak melatonin dibandingkan dengan makanan lain. Bahkan, penelitian dari Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa minum segelas jus ceri sebelum tidur dapat mengatasi susah tidur seiring bertambahnya usia dan membuat Anda terlelap Minumlah satu gelas jus ceri pada pagi hari dan satu gelas dalam waktu dua jam sebelum tidur.

Nasi dan kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga kaya akan  magnesium, asam folat, kalium, dan vitamin B. Semua zat itu dapat membantu mengatur ritme sirkadian seseorang. Tambahkan nasi yang mengandung glikemik cukup tinggi untuk membuat Anda lebih cepat tertidur karena meningkatnya gula darah dalam tubuh. Menu makan malam ini sebaiknya dikonsumsi 4 jam sebelum tidur.

Keju dan biskuit
Untuk makanan ringan pada malam hari, cobalah konsumsi keju yang dicampur dengan biskuit gandum. Makanan ini dapat meningkatkan serotonin dan melatonin.

Penelitian yang dilakukan oleh British Cheese Board bahkan menemukan bahwa makan keju dapat menyebabkan tidur Anda penuh dengan mimpi. Adapun meningkatnya hormon serotonin dapat membuat suasana hati Anda lebih baik dan mengurangi stres. Makanan ringan ini sebaiknya dikonsumsi 30 menit sebelum tidur.

Ubi jalar dan sayuran
Makan ubi jalar dan sayuran hijau dapat menambah zat potasium yang akan membantu tubuh Anda tidur dengan nyenyak. Sayuran hijau yang yang tinggi potasium di antaranya bayam dan brokoli. Makanlah 90 menit sebelum tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com